TAJDID.ID-Lubuk Pakam || Tokoh Pemuda Deli Serdang Muhammad Sabri Fiin, S.Sos, M.I.Kom menyesalkan tindakan PLN Ranting Lubuk Pakam, Deli Serdang yang terkesan mempersulit pedagang kaki lima untuk mendapatkan akses pemasangan meteran baru.
“Sebagai perusahaan milik negara, mestinya PLN mempermudah akses masyarakat kecil untuk menikmati listrik, bukan justru mempersulitnya,” ujar Sabri, Rabu (7/8/2019).
Sabri menuturkan, kasus ini terjadi di Lubuk Pakam, dimana ada seorang pedagang kaki lima di Kota lubuk Pakam yang ingin memasang meteran baru untuk usahanya. Yang bersangkutan sudah mendaftar secara resmi ke PLN, dan ia sudah memenuhi sejumlah persyaratan yang diminta pihak PLN.
Namun anehnya, kata Sabri, setelah sejumlah persyaratan pokok dipenuhi, tapi pihak PLN tidak kunjung merealisasikan pemasangan meteran tersebut. “Justru mereka (pihak PLN) meminta persyaratan-persyaratan baru yang kesannya mempersulit,” tegas Sekretaris DPW BM PAN Sumatera Utara ini.
Ketika persoalan ini mau dikonfirmasi ke pihak PLN Ranting Lubuk Pakam, anehnya tidak satupun pejabat yang merespon keluhan warga ini. “Malah kita disodorkan seorang pegawai yang tidak bisa mengambil keputusan atas persoalan yang ingin kita laporkan,” ungkap Sabri yang juga merupakan Staf Ahli Komisi C DPRD Sumatera Utara ini.
Menurut Sabri, di tengah sorotan publik yang miring terhadap kinerja PLN belakangan ini, mestinya PLN lebih akomodatif untuk memulihkan kepercayaan terhadap masyarakat.
Oleh karena itu, ia meminta PLN Cabang Lubuk Pakam, PT. PLN (Persero) UP3 Lubuk Pakam dan juga PT. PLN (Persero) Wilayah Sumatera Utara untuk merespon persoalan ini sesegera mungkin.
Begitu juga ia berharap, para pemangku kebijakan, baik eksekutif maupun legeslatif di Lubuk Pakam berkenan membantu penyelesain persoalan ini. (*)
Laporan: MRS