TAJDID.ID~Medan || Perayaan Hari Hak Konsumen Sedunia 2024 mengambil tema “AI yang Adil dan Bertanggung Jawab bagi Konsumen” .
Tahun lalu, terobosan AI generatif menggemparkan dunia digital. Berkat dirilisnya chatbot yang meniru percakapan manusia, jutaan konsumen sudah menggunakan AI generatif dalam kehidupan sehari-hari mereka. Teknologi ini dirancang untuk memberikan dampak yang sangat besar, pada cara kita bekerja , berkreasi, berkomunikasi, mengumpulkan informasi, dan banyak lagi.
Ada peluang nyata di sini. Jika digunakan dengan benar, AI generatif dapat meningkatkan layanan konsumen dan meningkatkan saluran ganti rugi. Namun, hal ini juga akan berdampak serius terhadap keselamatan konsumen dan keadilan digital . Dengan perkembangan yang terjadi dengan sangat cepat, kita harus bergerak cepat untuk memastikan masa depan AI yang adil dan bertanggung jawab.
Tahun ini, Hari Hak Konsumen Sedunia akan menyoroti kekhawatiran seperti misinformasi , pelanggaran privasi, dan praktik diskriminatif, serta bagaimana platform berbasis AI dapat menyebarkan informasi palsu dan melanggengkan bias.
Advokasi dan edukasi akan mempertajam pencarian konsumen. Chatbot AI generatif dirancang untuk mengubah cara kita menelusuri web. Di era misinformasi dan disinformasi, kami percaya bahwa konsumen mempunyai hak atas informasi yang dapat dipercaya, dapat diverifikasi, dan bebas bias. Ini adalah hak yang mungkin terancam oleh pencarian yang didukung AI.
“Terobosan dalam AI generatif telah menggemparkan dunia digital. Teknologi akan mempunyai dampak yang sangat besar terhadap kehidupan manusia, dalam cara kita bekerja, berkomunikasi, mengumpulkan informasi, dan masih banyak lagi. Hal ini juga akan berdampak serius terhadap keselamatan konsumen dan keadilan digital. Misinformasi, pelanggaran privasi, dan praktik diskriminatif menjadi kekhawatiran, serta bagaimana platform berbasis AI dapat menyebarkan informasi palsu dan melanggengkan bias. Kita harus bergerak cepat untuk mengatasi masalah ini demi terciptanya AI yang adil dan bertanggung jawab. “ujar Padian Adi.
Bersama 28 praktisi dan akademisi perlindungan konsumen, Dosen Fakultas Hukum UMSU, Padian Adi S. Siregar, SH., MH pada Perayaan Hari Hak Konsumen Sedunia 2024 yang dilaksanakan oleh Myanmar Consumers Union (MCU). Kegiatan ini diikuti oleh aktivis dan praktisi konsumen dari beberapa Negara Asia meliputi Hongkong, China, Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Filipina, Myanmar, Kamboja dan Vietnam, serta Lembaga Perwakilan Pemerintah Jerman. (*)