TAJDID.ID~Medan || Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FKIP UMSU) menggelar pelatihan pembelajaran aktif MIKiR berbasis hybrid learning di Medan, Sabtu, pekan lalu.
Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSU, Syamsuyurnita, serta dihadiri oleh pimpinan program studi di lingkungan FKIP UMSU.
Kegiatan dilaksanakan selama satu hari. Pelaksanaannya dibagi menjadi dua sesi. Sesi-1 yaitu pelatihan pembelajaran MIKiR secara luring, sedangkan sesi-2 penerapan MIKiR dalam pembelajaran daring.
Narasumber Sri Wahyuni yang juga dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU memberikan pelatihan pembelajaran aktif MIKiR kepada dosen pendidikan bimbingan dan konseling FKIP.
“Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan kinerja prodi Bimbingan Konseling dan juga menambah pengetahuan dan wawasan dosen-dosen prodi Bimbingan Konseling untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas pada tanggal 21 Februari 2022,” jelasnya.
Pada sesi-1 narasumber memberikan pelatihan pembelajaran aktif MIKiR, yakni pembelajaran aktif yang dapat digunakan di dalam kelas. Aktifitasnya terdiri dari Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi yang lebih dikenal dengan MIKiR. Tahapan-tahapan tersebut boleh dilakukan lebih dari satu kali dan tidak harus berurutan. Semua tahapan wajib ada dalam pembelajaran di kelas agar pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan serta membuat mahasiswa menjadi aktif.

Pada sesi-2 pelatihan mengenai menyusun pertanyaan dan lembar kerja. Lembar kerja ini dapat digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran aktif MIKiR. Pada sesi-2 Sri Wahyuni, juga memberikan pelatihan MIKiR yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring, dengan menambahkan platform-platform digital yang dapat dipilih. Di antaranya mentimeter, jamboard, slido, kahoot, quizzis, dll.
Perkuliahan semester genap di UMSU dilaksanakan secara hybrid learning. Dengan pelatihan ini dosen-dosen dapat menerapkan pembelajaran MIKiR baik secara daring maupun luring. (*)
Kontributor: Sri Wahyuni, Dosen Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU