Omar Khayyam adalah ahli matematika, penyair, filsuf, astronom Persia. Dia telah dikenal karena karyanya pada persamaan kubik serta kontribusinya pada aksioma paralel.
Hanya sedikit orang yang belum pernah mendengar Rubaiyat dari Omar Khayyam, tetapi ketenaran puisinya di Barat baru ada sejak 1839 ketika Edward Fitzgerald menerbitkan terjemahan bahasa Inggris dari Rubaiyat Khayyam (“Quatrains”).
Sejak itu menjadi klasik sastra dunia dan sebagian besar bertanggung jawab untuk mempengaruhi ide-ide Eropa tentang puisi dan sastra Persia.
Sebelumnya, kecemerlangannya sebagai ilmuwanlah yang membuat reputasi melejit, dan warisannya adalah kalender yang lebih akurat daripada kalender yang kita gunakan saat ini.
Ghiyath al-Din Abul Fatah Umar Ibnu Ibrahim Al-Khayyam lahir di Nishappin (sekarang di Iran) pada 1044. Terjemahan literal nama Al-Khayyam berarti ‘pembuat tenda’ dan ini mungkin merupakan perdagangan Ibrahim ayahnya. Khayyam memainkan arti namanya sendiri ketika dia menulis:
“Khayyam, yang menjahit tenda sains, telah jatuh dalam tungku kesedihan dan tiba-tiba terbakar, Gunting Nasib telah memotong tali tenda hidupnya, dan makelar Harapan telah menjualnya tanpa bayaran!”
Peristiwa politik abad ke-11 memainkan peran utama dalam perjalanan hidup Khayyam. Turki Seljuk adalah suku-suku yang menginvasi Asia barat daya pada abad ke-11 dan akhirnya mendirikan sebuah kerajaan yang meliputi Mesopotamia, Suriah, Palestina, dan sebagian besar Iran.
Seljuk menduduki tanah penggembalaan Khorasan dan kemudian, antara 1038 dan 1040, mereka menaklukkan seluruh Iran timur laut.
Penguasa Seljuk, Toghrïl Beg, memproklamirkan dirinya sebagai sultan di Nishapur pada 1038 dan memasuki Baghdad pada 1055. Dalam kekaisaran militer yang sulit tidak stabil ini, yang juga memiliki masalah agama ketika berusaha mendirikan negara Muslim ortodoks, tempat Khayyam tumbuh.
Omar muda adalah seorang siswa yang rajin dan cepat menjadi terampil dalam matematika, astronomi, dan filsafat. Dia menghabiskan sebagian besar hidupnya di pusat-pusat intelektual Persia seperti Samarkand dan Bukhara dan menikmati bantuan para sultan Seljuk yang memerintah wilayah tersebut.
Khayyam menulis beberapa karya termasuk Masalah Aritmatika, sebuah buku tentang musik dan satu tentang aljabar sebelum ia berusia 25 tahun.
Pada 1070 ia pindah ke Samarkand di Uzbekistan, yang merupakan salah satu kota tertua di Asia Tengah. Di sana, Khayyam didukung oleh Abu Tahir, ahli hukum terkemuka Samarkand, dan ini memungkinkannya untuk menulis karya aljabarnya yang paling terkenal, Risalah tentang Demonstrasi Masalah Aljabar. Omar Khayyam: Penyair Dengan Bakat untuk Angka – Tentang Islam
Prestasi “Astronomi” Khayyam
Toghril Beg, pendiri dinasti Seljuk, telah menjadikan Esfahan sebagai ibukota wilayah kekuasaannya dan cucunya, Malik-Shah Jalal al-Din, telah memerintah di sana sejak 1073.
Undangan dikirim ke Khayyam dari Malik-Shah dan dari wazirnya, Nizam al-Mulk, meminta Khayyam untuk pergi ke Esfahan untuk mendirikan sebuah observatorium di sana.
Astronom terkemuka lainnya juga dibawa ke observatorium di Esfahan, dan selama 18 tahun Khayyam memimpin para ilmuwan dan menghasilkan karya dengan kualitas luar biasa.
Itu adalah masa damai di mana situasi politik memungkinkan Khayyam kesempatan untuk mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk pekerjaan ilmiahnya.
Selama waktu ini Khayyam memimpin pekerjaan menyusun tabel-tabel astronomi dan dia juga berkontribusi pada reformasi kalender pada 1079. Itu adalah pencapaian terbesarnya.
Dikembangkan sebagai tanggapan atas kebutuhan sultan Seljuk untuk jadwal baru untuk pengumpulan pendapatan, kalender Khayyam, yang disebut Al-Tarikh-al-Jalali setelah sultan, bahkan lebih akurat daripada kalender Gregorian yang saat ini digunakan di sebagian besar dunia: kalender Jalali memiliki kesalahan satu hari dalam 3770 tahun, sedangkan Gregorian memiliki kesalahan satu hari dalam 3330 tahun.
Khayyam mengukur panjang satu tahun sebagai 365.24219858156 hari, yang sangat akurat. Sejak saat itu diketahui bahwa angka itu berubah di tempat desimal ke-6 selama masa hidup seseorang.
Untuk perbandingan akurasi Khayyam, panjang satu tahun pada akhir abad ke-19 adalah 365.242196 hari, dan hari ini adalah 365.242190.
Meskipun proyek kalender dibatalkan setelah kematian Malik-Shah pada 1092, kalender Jalali tetap bertahan dan masih digunakan di beberapa bagian Iran dan Afghanistan hingga hari ini.
Kematian sultan, sebulan setelah wazirnya Nizam al-Mulk dibunuh di jalan dari Esfahan ke Bagdad oleh gerakan teroris yang disebut Assassins, mengakhiri periode Khayyam dalam keberadaan yang damai.
Istri kedua Malik-Shah mengambil alih sebagai penguasa selama dua tahun tetapi dia telah berdebat dengan Nizam al-Mulk, sehingga dukungan ditarik dari kliennya dan dana untuk Obsero mendapat serangan dari kaum Muslim ortodoks yang merasa bahwa pikiran Khayyam yang mempertanyakan tidak sesuai dengan iman.
Meskipun tidak disukai semua pihak, Khayyam tetap di Pengadilan. Dia menulis sebuah karya di mana dia menggambarkan mantan penguasa di Iran sebagai orang-orang terhormat yang telah mendukung pekerjaan umum, ilmu pengetahuan, dan beasiswa.
Matematikawan
Putra ketiga Malik-Shah, Sanjar, menjadi penguasa keseluruhan Kekaisaran Seljuk pada tahun 1118. Beberapa saat setelah Khayyam ini meninggalkan Esfahan dan melakukan perjalanan ke Merv (sekarang Mary, Turkmenistan) yang Sanjar jadikan ibukota Kekaisaran Seljuk.
Sanjar menciptakan pusat besar pembelajaran Islam di Merv di mana Khayyam menulis karya lebih lanjut tentang matematika.
Khayyam menghasilkan Risalah tentang Demonstrasi Masalah Aljabar yang berisi klasifikasi lengkap persamaan kubik dengan solusi geometris yang ditemukan dengan cara memotong bagian kerucut.
Khayyam adalah orang pertama yang menyusun teori umum persamaan kubik Tentang hal ini dia menulis:
Dalam ilmu aljabar kita menemukan masalah yang bergantung pada tipe-tipe tertentu dari teorema pendahuluan yang sangat sulit, yang solusinya tidak berhasil bagi sebagian besar dari mereka yang mencobanya. Adapun Orang Dahulu, tidak ada pekerjaan dari mereka berurusan dengan subjek telah turun kepada kita; mungkin setelah mencari solusi dan memeriksanya, mereka tidak dapat memahami kesulitan mereka; atau mungkin investigasi mereka tidak memerlukan pemeriksaan semacam itu; atau akhirnya, karya-karya mereka tentang hal ini, jika ada, belum diterjemahkan ke dalam bahasa kita.
Prestasi lain dalam teks adalah realisasi Khayyam bahwa persamaan kubik dapat memiliki lebih dari satu solusi. Dia menunjukkan adanya persamaan yang memiliki dua solusi tetapi tampaknya tidak menemukan bahwa kubik dapat memiliki tiga solusi.
Dalam Komentar tentang Postulat Sulit Buku Euclid, Khayyam membuat kontribusi untuk geometri non-Euclidean, meskipun ini bukan niatnya.
Dalam mencoba membuktikan dalil paralelnya, ia secara tidak sengaja membuktikan sifat-sifat tokoh dalam geometri non-Euclidean.
Khayyam juga memberikan hasil penting pada rasio dalam buku ini, memperluas pekerjaan Euclid untuk memasukkan penggandaan rasio. Dia juga mengajukan pertanyaan apakah rasio dapat dianggap sebagai angka tetapi meninggalkan pertanyaan yang tidak terjawab.
Warisan Khayyam sebagian besar tetap dalam sains dengan karyanya dalam geometri sejauh ini di masa depan sehingga tidak digunakan lagi sampai René Descartes membangun teori Khayyam di Perancis abad ke-17.
Di luar dunia matematika, Khayyam terkenal sebagai seorang penyair. Ia populer karena hampir 600 puisi empat baris pendek di Rubaiyat.
Yang menarik, puisi Khayyam tidak diterbitkan di dunia Muslim sampai 200 tahun setelah kematiannya (itu akan menjadi 500 tahun lagi sampai muncul di Eropa).
Penundaan dalam publikasi ini membuat beberapa orang meragukan apakah Khayyam benar-benar menulis surat kabar Arab, atau apakah itu penulis yang kemudian.
Namun, setelah analisis yang cermat, kebanyakan cendekiawan sekarang setuju bahwa ia adalah pengarangnya, yang mengungkapkan sisi filosofis kepada Khayyam yang hanya diketahui oleh segelintir orang sezamannya. (*)
Artikel ini diterjemahkan dari situs aboutIslam.net