Site icon TAJDID.ID

Tim PKM Unimed Mendesain Menara Mesjid As-Syukur Marelan

Tim PKM Fakultas Teknik Unimed melakukan pendampingan pembangunan menara Masjid As-Syukur Marelan.

TAJDID.ID~Medan || Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM), bermitra dengan BKM Mesjid As-Syukur, Pasar III Marelan, Kota Medan.

Melalui Amir Hamzah selaku ketua BKM Mesjid melakukan koordinasi dengan Ketua PKM yaitu Dr. Sutrisno, S.T., M. T. mengenai kegiatan PKM yang akan dilakukan.

Adapun kegiatan yang dilakukan oleh tim PKM adalah mendesain menara Mesjid As-Syukur Marelan serta mendampingi proses pelaksanaan kegiatan pembangunan menara tersebut. Kegiatan ini didukung oleh anggota tim PKM yaitu Denny Meisandy, M.T., Sarra Rahmadani, S.T., M. Eng., dan Riansyah Putra, M.Pd.

Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah Pembangunan Menara Masjid As-Syukur Marelan yang sesuai dengan kemegahan Mesjid yang telah direnovasi dari Mushala. Menara eksisting yang sekarang terlihat sudah kuno karena pembangunannya bermula dari bangunan mushala pada awal mula pendirian.

Progres pembangunan Masjid As-Syukur Marelan sudah terlaksana 75 persen.

Ketua tim Dr. Sutrisno mengatakan, bahwa survei awal sudah dilakukan di Mesjid As-Syukur untuk mengetahui kondisi eksisting Menara masjid yang akan dibangun untuk menyesuikan dengan kemegahan masjid yang ada.

“Dari hasil survei, kami tim PKM bisa memberikan bantuan untuk menyiapkan data perencanaan dan gambar kerja pembangunan Menara masjid As-Syukur serta melakukan pendampingan dalam prosesnya agar hasilnya sesuai dengan harapan kita,” tuturnya.

Ketua BKM Mesjid Amir Hamzah menyatakan setuju dengan bantuan tim PKM kepada BKM Mesjid As-Syukur,

“Kami melalui BKM Mesjid As-Syukur akan membantu pekerjaan Menara ini sesuai dengan arahan yang diberikan tim PKM. Untuk desain Menara kami harapkan ada diskusi yang akan tim PKM lakukan dengan kami agar kita semua ikut terlibat.” ujarnya.

Sementara itu, Sarra Rahmadani menambahkan, bahwa kegiatan ini dilakukan dengan Focus Group Discussion (FGD) dengan BKM Masjid As-Syukur untuk menghasilkan desain akhir yang akan diterapkan untuk menara masjid.

“Setelah semua setuju maka Pembangunan dilaksanakan,” ungkap Sarra Rahmadani.

Kegiatan pembangunan telah berlangsung dan dengan pengawasan tim PKM pembangunan menara hampir selesai sekitar 75% (20/12/2023).

BKM Masjid As-Syukur sangat berterimakasih dan merasa puas akan Kerjasama yang dilakukan. Besar harapan dari BKM Masjid dapat menjalin Kerjasama lainnya dengan TIM PKM. (*)

Exit mobile version