Site icon TAJDID.ID

Mahasiswa IKO FISIP UMSU Sukses Gelar Pameran Foto di Plaza Focal Point

TAJDID.ID~Medan || Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) menggelar Pameran Foto di Plaza Focal Point Jalan Ring Road Medan Sabtu (22/7).

Sebanyak 210 foto karya mahasiswa IKO FISIP UMSU ditampilkan dalam dalam pameran foto yang mengusung tema “Youth Photography Exhibition and Workshop 2023”.

Pameran berbagai genre foto yang mengambil sub tema “Potret Mata Memandang Budaya Sumatera Utara” ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan III FISIP UMSU Drs Yusrisna.

Tampak kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari mahasiswa dan undangan lainnya yang hadir. sebanyak 210 foto karya mahasiswa memenuhi semua pelataran aula utama lantai satu Plaza Focal Point Medan dan partisi tambahan yang diletak di dalam aula.

Foto-foto menggambarkan suasana berbagai genre foto, seperti art, arsitektur, human intetes dan kehidupan masyarakat di Sumatera Utara. Pemandangannya terlihat menarik, karena selain bantuan pencahayaan, foto-foto yang dipamerkan juga penuh warna-warni dengan berlatar bingkai hitam.

Di bawah foto yang dipamerkan tertulis nama masing-masing mahasiswa pemilik foto, kelas, dan nomor pokok mahasiswa.

Ketua Pelaksana Syahru Ramadhan Daulay dalam menyampaikan, bahwa foto yang dipamerkan ini murni hasil karya mahasiswa Prodi IKO FISIP UMSU angkatan 2021.

“Ihwal ide pameran muncul setelah tawaran dari dosen di kelas  ketika mengikuti mata kuliah Fotografi yang diasuh dosen Pak Dr. Muhammad Said Harahap S.Sos M.I.Kom. kemudian kami semua sepakat untuk membetuk kepanitiaan dan melaksanakan pameran foto hasil karya kami sendiri setelah belajar di kelas,” jelasnya.

Selain pameran foto, kegiatan itu juga diisi live music, stand food dan workshop fotografi dengan menghadirkan narasumber Muhammad Zulfan Dalimunte.

Dr Muhammad Said Harahap SSos MIKom, selaku dosen pengasuh mata kuliah Fotografi menyambut positif dan apresiasi luar biasa atas ide dan kreasi mahasiswanya.

Said menuturkan, melalui kegiatan ini mahasiswa dapat pembelajaran pengalaman di lapangan seperti komunikasi organisasi, keterampilan komunikasi, kemahiran public-speaking serta negoisasi terhadap pendonor dan pemangku kebijakan pemerintahan kota Medan.

“Saya senang dengan adanya pameran foto ini.  Antusiasme mahasiswa untuk ikut memamerkan foto hasil karyanya sangat tinggi. Fotonya pun bagus-bagus,” ujar Said.

Lebih lanjut Said mengungkapkan, dirinya bersyukur kegitan spektakuler ini bisa terlaksana dengan baik.

“Meskipun diberbagai sisi ada kendala, namun itu semua menjadi pembelajaran menuju kedewasaan bagi mahasiswa dalam pembelajaran dunia kampus dari mulai belajar memotret di lapangan, mengedit, mencetak, membingkai, hingga terlaksananya pameran ini,” kata Said yang juga sebelumnya pernah bertugas sebagai Kepala Laboratorium Fotografi FISIP UMSU itu.

Said mengatakan, pada tahun 2020 pameran foto serupa pernah dilakukan mahasiswa IKO FISIP UMSU angkatan 2018 dan mereka sukses melaksanakannya di Taman Budaya Medan.

Rektor UMSU Beri Apresiasi

Rektor UMSU Prof Dr Agussani MAP melalui pesan singkat ketika dihubungi melalui saluran whatsapp menyampaikan apresiasi atas suksesnya kegiatan pameran foto ini.

Ia mengatakan pameran foto hasil karya mahasiswa sampai 210 foto sebanyak itu menjadi bukti capaian suksesnya pembelajaran ilmu komunikasi bidang fotografi, sehingga diimplementasikan lewat pameran foto.

“Apalagi kalau foto-foto yang dipamerkan muncul dari hasil pembelajaran di kelas dan wujud dari Kampus Merdeka Meredeka Belajar,” kata Prof  Agussani.

“Karena itu saya menyampaikan apresiasi untuk mahasiswa UMSU dan dosen pengasuh mata kuliah. Mudah-mudahan ini akan kita jadikan agenda tahunan Prodi IKO FISIP,” sebutnya.

Selain itu, Rektor juga menegaskan mendukung penuh kegiatan yang dilakukan mahasiswa Prodi IKO. “tentunya ini salah satu wujud dari konsep kampus medeka berupa pembelajaran di luar kelas, seperti yang digaung-gaungkan Menteri Pendidikan Nadim Makarim. Manfaatkanlah kesempatan ini. Banyak fotografer sukses dari kegiatan-kegiatan seperti ini,” tuturnya.

Acara pembukaan juga dihadiri WD III FISIP UMSU Drs Yurisna M.AP FISIP Zulfahmi Ibnu, M.IKom, Sekretaris Prodi Fazal Hamzah Lubis M.I.Kom dosen lainnya Dr Leliya Pemilik Gedung Focal Point Plaza Palacheta, Perwakilan Pewarta Foto Indonesia Medan Mhd Zulfan Dalimunte. (*)

Exit mobile version