Site icon TAJDID.ID

Iqbal, Islam dan Barat

Muhammad Iqbal. (foto: essaywritingservice.pk)

Oleh: Mansoor Alam

Meskipun Sir Allama Muhammad Iqbal (1876-1938) mencapai kehebatan sebagai penyair, tetapi ia lebih tertarik untuk memperbaiki kondisi manusia melalui karyanya daripada puisi itu sendiri. (Ia menulis kepada salah seorang temannya Syed Nazir Niazi bahwa ia menggunakan medium puisi hanya untuk menyampaikan pesannya.)

Di seluruh karya Iqbal, satu tema berjalan seperti aliran yang kuat dan yaitu, bagaimana mengembalikan manusia ke tempatnya yang layak di dunia seperti yang dianjurkan oleh Al-Qur’an (17:70). Dia berjuang untuk membangkitkan kembali semangat asli pemikiran dinamis dalam Islam yang pernah bergema di seluruh dunia Muslim dan yang, menurut sejarawan Barat yang dihormati (misalnya, Robert Briffault, George Sarton, dan John William Draper) menyebabkan kebangkitan Eropa. Namun sayangnya, dinamisme pemikiran itu tidak bisa berlanjut dalam Islam. Lebih dari segalanya, ini mungkin satu-satunya penyebab kejatuhan dunia Muslim.

Dari waktu ke waktu banyak gerakan Islam muncul di dunia Muslim yang mengklaim dapat mengubah situasi ini. Tapi yang bisa mereka lakukan hanyalah memberikan tekanan politik terhadap penguasa yang berada di bawah kendali penguasa kolonial mereka di Barat. Sebagian besar gerakan keagamaan ini awalnya dimulai sebagai gerakan reformis yang diilhami dan dipimpin oleh para sarjana Islam tetapi secara bertahap berubah menjadi gerakan politik. Menurut mereka korupsi dalam masyarakat Muslim terutama berasal dari elit sekuler dan liberal berpendidikan barat yang memimpin urusan; jadi, para penguasa korup ini harus disingkirkan dari kekuasaan jika kebangkitan Islam ingin terjadi. Pertempuran ini berlanjut sampai hari ini di salah satu dari atau yang lain.

Jadi, di mana kita berdiri sekarang? Kita hanya perlu melihat panorama dunia Muslim untuk melihat kekacauan, korupsi, dan kehancuran di mana-mana. Bukan rahasia lagi bahwa banyak gerakan Islam juga menderita korupsi. Dan musuh-musuh Islam – dan ada banyak – terlalu bersemangat untuk mengeksploitasi situasi dunia Muslim seperti yang selalu mereka lakukan di masa lalu. Tapi menyalahkan Barat meski menggoda bukanlah jawabannya.

Baca juga: Puisi-puisi Karya Sir Allama Muhammad Iqbal

Berlawanan dengan pandangan umum, Iqbal tidak melihat masalah yang dihadapi Islam seperti yang umumnya dilontarkan dalam konteks Islam versus Barat. Dia melihat masalah yang dihadapi dunia Muslim dan Barat dalam konteks dan parameter mereka sendiri.

Selama lima ratus tahun terakhir, pemikiran keagamaan dalam Islam praktis tidak bergerak. Ada suatu masa ketika pemikiran Eropa mendapat inspirasi dari dunia Islam. Namun, fenomena yang paling luar biasa dari sejarah modern adalah kecepatan luar biasa yang dengannya dunia Islam bergerak secara spiritual menuju Barat. Tidak ada yang salah dalam gerakan ini, karena budaya Eropa, dari sisi intelektualnya, hanyalah pengembangan lebih lanjut dari beberapa fase terpenting dari budaya Islam. Satu-satunya ketakutan kami adalah bahwa bagian luar budaya Eropa yang mempesona dapat menahan gerakan kami dan kami mungkin gagal mencapai bagian dalam yang sebenarnya dari budaya itu. Selama berabad-abad kebodohan intelektual kita, Eropa telah secara serius memikirkan masalah-masalah besar yang sangat diminati oleh para filosof dan ilmuwan Islam. Sejak Abad Pertengahan, ketika sekolah-sekolah teologi Muslim selesai, kemajuan tak terbatas telah terjadi dalam wilayah pemikiran dan pengalaman manusia.

[Rekonstruksi Pemikiran Keagamaan dalam Islam, halaman 6]

Bersambung ke hal 2

Wawasan tajam Iqbal meramalkan banyak masalah yang dihadapi dunia Muslim saat ini. Menjadi seorang visioner yang luar biasa – dalam sebuah puisi tahun 1936 berjudul Iblis ki Majlis-e Shura (Komite Konsultasi Setan) ia meramalkan banyak peristiwa termasuk jatuhnya komunisme – ia sangat khawatir bahwa Islam telah direduksi menjadi ritual tanpa jiwa dan memperebutkan hal-hal sepele dan hal-hal periferal. Ajaran inti Islam tentang kebebasan universal, martabat manusia, dan keadilan telah dikesampingkan atau diabaikan oleh sebagian besar gerakan Islam. Muslim terpecah menjadi sekte-sekte yang jelas-jelas melanggar perintah Al-Qur’an (30:32, 6:159). Situasi ini membuat hati Iqbal sakit dan jiwanya resah dan tersiksa.

Ia menyarankan bahwa sebelum gerakan reformasi apapun dalam Islam dapat terjadi, harus ada gerakan pemikiran dalam struktur Islam terlebih dahulu. Namun, gerakan pemikiran hanya dapat terjadi dengan perolehan pengetahuan modern dan bukan dengan mengikuti status quo. Itulah sebabnya dia menganjurkan pendekatan melawan mempertahankan status quo:

Satu-satunya jalan yang terbuka bagi kita adalah mendekati pengetahuan modern dengan sikap hormat tetapi mandiri dan menghargai ajaran Islam dalam cahaya pengetahuan itu, meskipun kita mungkin dituntun untuk berbeda dari orang-orang yang telah mendahului kita. [Rekonstruksi Pemikiran Keagamaan dalam Islam, halaman 78]

Apa yang dikatakan Iqbal di sini sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Nabi (SAW); bahwa perolehan pengetahuan dan kebiasaan berpikir yang terus-menerus adalah tugas suci semua Muslim (20:114, 34:46). Bagaimana pikiran bisa terus berpikir dan terus bergerak maju jika tidak terus memperoleh pengetahuan baru tentang Islam? Apa pun yang telah dilakukan sebelumnya harus dianggap sebagai harta karun, tetapi kita harus menambahkannya ke perbendaharaan pemikiran dan pengetahuan kita sendiri.

Mengulangi pengetahuan lama tentang Islam tidak dapat mengarah pada kebangkitan Islam. Kita tidak boleh seperti bel yang menghasilkan suara yang sama berulang-ulang tidak peduli bagaimana atau dengan apa kita memukulnya seperti yang dikatakan Bergson dalam The Creative Mind. Islam itu dinamis. Dibutuhkan pemikiran yang dinamis agar dapat berkembang dan berkembang. Namun, pengetahuan baru dan pemikiran baru dalam Islam telah dinyatakan dilarang dalam Syariah sektarian buatan manusia kami. Inilah dilema yang sebenarnya.

Membuka pintu ijtihad adalah satu-satunya jalan ke depan menurut Iqbal. Bahkan ISNA, Masyarakat Islam Amerika Utara, mengakui hal ini dan mengeluarkan edisi khusus (Maret/April 2005) majalah dua bulanan Islamic Horizons dengan judul sampul IQBAL: A MESSAGE FOR OUR TIMES.

Namun, kita telah menjadi korban dari pemikiran refleksif kita karena kebiasaan dan sikap yang dibentuk oleh pengulangan dan peniruan di atas pemikiran sektarian yang mengakar yang tersebar selama beberapa abad. Mengubah pemikiran ini tidak mudah. Ini membutuhkan proses sadar yang disengaja yang melibatkan analisis diri, evaluasi diri dan perubahan diri. Ini adalah cara untuk mengubah diri kita. Dan hanya dengan mengubah batin kita, kita bisa berharap untuk kebangkitan Islam seperti yang disebutkan dalam ayat Al-Qur’an berikut:

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan [bangsa] manusia kecuali mereka mengubah batinnya.” (13:11)[Terjemahan: Muhammad Asad]

Jadi selama ini kita berusaha mengubah kondisi kita tanpa mengubah batin kita, tanpa mengubah pola pikir kita. Hasilnya di depan adalah kita. Ayat di atas memberitahu kita untuk mengubah urutan itu. Kita tidak dapat memecahkan masalah hari ini dengan cara berpikir yang sama yang menghasilkannya. Artinya, sebelum kita melakukan gerakan reformasi atau melakukan ijtihad dalam Islam, mereka harus menjadi gerakan massa untuk mereformasi pemikiran kita terlebih dahulu untuk menghasilkan individu yang mandiri. Hal-hal lain akan menyusul kemudian. Jika kita telah menyiapkan tanah, menanam benih yang tepat dan memeliharanya, kita pasti akan menikmati buahnya – tetapi nanti. Dan setiap generasi harus melakukan bagiannya untuk melanjutkan proses ini. Allama Iqbal mengatakan yang terbaik ketika dia mengatakan:

Ajaran Al-Qur’an bahwa hidup adalah proses penciptaan progresif mengharuskan setiap generasi, dibimbing tetapi tidak terhalang oleh karya para pendahulunya, harus diizinkan untuk memecahkan masalahnya sendiri (Halaman 134).

Penghormatan palsu terhadap sejarah masa lalu dan kebangkitan buatannya bukanlah obat untuk pembusukan suatu bangsa. ‘Putusan sejarah’, seperti yang dikatakan dengan gembira oleh seorang penulis modern, ‘adalah bahwa ide-ide usang tidak pernah naik ke kekuasaan di antara orang-orang yang telah melemahkannya.’

Oleh karena itu, satu-satunya kekuatan efektif yang melawan kekuatan pembusukan dalam suatu bangsa adalah membesarkan individu-individu yang mementingkan diri sendiri. Orang-orang seperti itu saja yang mengungkapkan kedalaman kehidupan. Mereka mengungkapkan standar baru dalam terang yang kita mulai melihat bahwa lingkungan kita tidak sepenuhnya dapat diganggu gugat dan memerlukan revisi (halaman 120).”

[Rekonstruksi Pemikiran Keagamaan dalam Islam]

 

Sumber: islamic-course.org

 

 

Exit mobile version