Site icon TAJDID.ID

IRMLA Sumut Laksanakan Halal bil Halal dan Forum Diskusi Ilmiah

TAJDID.ID~Medan || Indonesian Research Methology Lecturer Asossiasion (IRMLA) Wilayah Provinsi Sumatra Utara atau Asosiasi Dosen Metodologi Penelitian Indonesia (ADMPI),  melaksanakan “Halal bil Halal”, sekaligus menyelenggarakan Forum Diskusi Ilmiah di Hotel Nivia Medan, pada hari Ahad (14/5/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua IRMALA Pusat Prof. H.M. Burhan Bungin, M.Si., Ph.D secara daring.

Dalam sambutannya, Prof. Burhan Bungin menyampaikan, bahwa kemampuan dosen dalam metodologi penelitian perlu ditingkatkan dalam pelaksanaan tugas membimbing mahasiswa dan pelaksanaan tugas penelitian (dari tridarma perguruan tinggi) secara terus-menerus.

Dalam kegiatan yang sama, Serta sambutan  Ketua Dewan pakar IRMLA Sumut Prof. Dr. Akrim, S.PdI, M.Pd juga berkesempatan memberikan sambutan. Dalam sambutannya ia mengapresia terselenggaranya kegiatan ini.

“Tentunya kegiatan ini sangat positif dan bermanfaat untuk memperkuat jalinan silaturrahim dan komunikasi antara dosen metodologi penelitian, khususnya di Sumatera Utara,” ujar Prof Akrim.

Kegiatan diskusi ilmiah dengan tema “Mendesain Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Method serta R & D” yang dilaksanakan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan para peserta kegiatan  yang terdiri dari unsur dosen, mahasiswa dan akademisi lainnya melalui kegiatan diskusi pakar dan ahli dibidang metodologi penelitian.

Tampil sebagai narasumber pertama pada forum tersebut adalah Prof. Dr. Sri Milfayetty, M.S, Kons., S.Psi (Guru Besar Unimed) dengan topik : Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif; dengan moderator Surya Wisada Dachi, S.Pd., M.Pd (Sekretaris 1 IRMLA/Dosen UMSU).

Kemudian, tampil Assoc. Prof. Dr. Indra Prasetia, S.Pd., M. Si., CIQnR (Ketua IRMLA Sumut/Dosen UMSU) dengan topik: Mixed Methods.

Selanjutnya, Dr. Astri Novia Siregar, M. Pd (Anggota IRMLA Sumut/Dosen UMSU) dengan topik: Metode Penelitian R&D.

Peserta yang hadir terdiri dari para dosen UMSU, UMN Al-Washliyah, UISU, UINSU, Budi Darma, Quality dan Al Ishlahiyah Binjai serta mahasiswa.

Dalam forum tersebut, antusiasme peserta terhadap topik yang dibahas, terlihat dari aktifnya proses tanya jawab. Hal ini dikarenakan topik yanng dibahas sedang menjadi sesuatu yang trend, juga sudah menjadi kebutuhan masyarakat secara luas terkhusus para akademisi dan mahasiswa.

Acara yang dimulai sekitar pukul 09.30 wib tersebut, berakhir pada pukul 16.00 wib, diakhiri dengan melakukan foto bersama. (*)

Exit mobile version