Site icon TAJDID.ID

Prof Hasyimsyah Nasution: IMM Harus Mencintai Ilmu dan Memiliki Moralitas

Ketua Umum PW Muhammadiyah Sumut, Prof Dr Hasyimsyah Nasution MA.

TAJDID~Medan || Milad Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ke 59 digelar di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) tepatnya di Aula Gedung Rektor, Kamis (16/03/2023).

Dalama acara tersebut, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara, Prof Hasyimsyah selain mengucapkan agar immawan dan immawati menikmati setiap perjalanan semangat berorganisasi. Juga menegaskan dan mengingatkan tentang pentingnya menjaga moral.

Menurutnya, sesuai temanya Bergerak Bersama Membangun Peradaban, maka peradaban itu adalah ilmu. Apakah ilmu akan memberikan manfaat kepada orang atau diri sendiri sangat tergantung pada moralnya.

Manfaat orang itu sangat ditentukan dengan moralnya. Yang mendorong dan menarik sehingga moral ini bisa menjadi tidak konstan sifatnya.

“5 tahun kita ketemu orang ini baik, tapi ketemu lagi yang terakhir orang ini sudah bertolak belakang karena tarikan dan dorongan yang luar biasa disekitarnya,” sindir Prof Hasyimsyah.

Lanjutnya, moral itu prilaku dan perbuatan yang bentuknya paling utama adalah kesadaran ketika orang berbuat. Kesadaran itu dibangun oleh pikiran dan emosi terutama agamanya.

“Saya meminta IMM ini agar lebih menampakkan lebih serius lagi dalam persoalan moral. Beribadah itu adalah ekspresi dari suatu keimanan dan itu nanti buahnya akan memberi manfaat sebagai bahagian dari moral,” pintanya.

Lebih lanjut ditegaskannya, IMM sebagai bagian dari Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) harus mencintai ilmu dan memiliki moralitas yang tinggi.

“Kalau tidak, apa yang kita harapkan kepada AMM sebagai Pelopor, Pelangsung dan Penyempurna sulit terwujud. Jangankan jadi penyempurna, jadi pelopor saja gak mungkin kalau tidak punya ilmu dan inovasi,” tuturnya.

Saya rasakan memimpin Muhammadiyah sekarang ini menjadi berat karena mottonya yang harus berkemajuan itu. Berkemajuan itu tidak boleh kita sendiri, harus terus menerus minta bantu kepada Allah Swt, memiliki jaringan dan membangun kolaborasi dengan semua pihak,” pungkasnya. (*)

Exit mobile version