Site icon TAJDID.ID

Gelar DANA I, PCNA Palang Wujudkan Kader Perempuan Penguat Peradaban

TAJDID.ID~Tuban || Mengusung tema “Mengoptimalkan Kaderisasi untuk Mewujudkan Perempuan Penguat Peradaban”, Pimpiman Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah (PCNA) Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban menggelar Darul Arqam Nasiyatul ‘Aisyiyah (DANA I).

Kegiatan ini bertempat di MI Muhammadiyah 2 Cendoro dan dilaksanakan selama dua hari, dimulai Sabtu 4 Februari dan berakhir pada Ahad 5 Februari 2023.

Ketua PCNA Palang, Eni Yusrowati menuturkan, Darul Arqam merupakan sistem perkaderan di Muhammadiyah bagi Organisasi Otonom dan juga Amal Usaha Muhammadiyah.

“Kita tahu bahwa, Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang berkemajuan, sangat membutuhkan kekuatan internal agar dapat berkarya untuk bangasa,”tuturnya.

“Kekuatan internal itu antara lain adalah Sumber Daya Manusia atau kader. Kader dari Muhammadiyah diperoleh dari Ortom di antaranya adalah Nasyiatul ‘Aisyiyah,”imbuhnya.

Ia juga mengatan, kegiatan DANA 1 ini merupakan salah satu sistem pengkaderan formal dari Nasyiatul ‘Aisyiyah.

Lanjutnya, kegiatan DANA ini berjenjang, dimuai dari DANA 1 Tingkat Cabang, DANA 2 Tingkat Daerah dan DANA 3 Tingkat Wilayah.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Muthoharoh mengungkapkan, tujuan dari Darul Arqom ini adalah untuk membentuk kader Nasyi’ah yang memilki semangat dan integritas tinggi untuk berperan di NA.

“Selain itu, dalam upaya regenerasi kader juga dibutuhkan kualitas serta kuantitas kader Nasyi’ah,”ungkapnya.

Dirinya berharap, melalui Darul Arqom Nasyi’ah ini mampu memenuhi dan mengembangkan kebutuhan organisasi dalam hal SDM dan nalar kritis untuk menjalankan serta meneruskan roda organisasi Nasyiatul ‘Aisyiyah di ranting masing-masing.

Baitul Arqom ini diikuti oleh 70 peserta yang merupakan utusan dari Pimpinan Ranting dan juga Amal Usaha yang ada di Kecamatan Palang. (*)

Kontributor: Iwan Abdul Gani

Exit mobile version