Site icon TAJDID.ID

Jelang Muktamar 48, Muhammadiyah & ‘Aisyiyah Tuban Kota Gelar Pawai Ta’aruf dan Bazar

TAJDID.ID~Tuban || Jelang Muktamar 48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Pimpina Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang ‘Aisyiyah Kecamatan Tuban Kota menggelar dua kegiatan yaitu pawai ta’aruf dan bazar.

Kegiatan yang merupakan semarak Muktamar ini dilaksanakan pada Ahad 6 November 2022. Pelaksanaan Pawai ta’aruf dimulai pada pukul 06.30 dengan mengambil start di depan kantor Pemkab Tuban yang terletak di Jalan RA Kartini.

Tepat pukul 06.30, peserta pawai diberangkatkan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kabupaten Tuban, Nurul Yakin.

“Dalam rangka semarak muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke 48 yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 20 November di Solo, Pimpinan Daerah Muhammadiyah kabupaten Tuban mengadakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakkan muktamar,”papar Nurul Yakin dalan sambutannya.

Dirinya mengatakan ada beberapa Pimpinan Cabang yang telah melaksanakan syiar Muktamar, dimulai dari Cabang Kerek dengan kegiatan donor darah, khitanan masal, pengobatan gratis dan pawai ta’aruf.

Lanjutnya, semarak muktamar juga digelar oleha Pimpinan Cabang Muhammadiyah Bancar dengan Gowes serta pawai Akbar budaya Islam yang diikuti oleh 2.000 peserta.

“Hari ini ada dua cabang yang menggelar kegiatan semarak muktamar. Cabang Tuban kota dengan pawai ta’aruf serta bazar dan cabang Palang dengan agenda Gowes dan donor darah,”ujarnya.

Dirinya berharap, Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah menghasilkan kader-kader terbaik untuk melanjutkan estafet perjuangan Muhammadiyah demi agama, bangsa dan negara.

Sukarno selaku ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Tuban Kota sekaligus ketua panitia menuturkan, kegiatan ini masih dalam rangka menyemarakkan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang akan dilaksanakan di Surakarta tanggal 18 hingga 20 November mendatang.

Sebagai ketua Panitia, Sukarno merasa bangga karena acara pawai semarak Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah berlangsung meriah. Tidak hanya diikuti oleh satu lembaga tapi seluruh lembaga perguruan Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah yang ada di Kecamatan Tuban kota.

“Terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi sehingga acara pawai ta’aruf dan Bazar dapat berjalan dengan lancar,”ucapnya.

Ia berharap kegiatan ini menjadi momen pengingat sekaligus penyemangat dalam menyongsong Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah yang akan digelar di Solo nanti.

Sementara itu, Ketua Panitia Semarak Muktamar Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban, Edi Utomo menuturkan, kegiatan dalam rangka syiar Muktamar akan terus dirangkai sampai pada puncak muktamar tanggal 18 November mendatang.

“Kegiatan seperti ini akan kita rangkai terus sampai tanggal 18 November pada puncak Muktamar,”tuturnya.

Pasukan Kokam diterjunkan untuk mengamankan jalannya pawai ta’aruf itu. Iring-iringan peserta pawai melewati jalan Veteran dan finish di halaman SMP Muhammadiyah 1 Tuban yang terletak di Jalan Gajah Mada.

Adapun peserta yang turut memeriahkan dua kegiatan ini adalah guru, karyawan serta siswa-siswi dan juga orang tua wali lembaga pendidikan Muhammadiyah maupun ‘Aisyiyah mulai dari Kelompok Bermain, TK sampai Sampai dengan sekolah tinggi yang berada di kawasan Pimpina Cabang Muhammadiyah Tuban Kota.

Terkait tempat pelaksanaan bazar, Pantia memilih lokasi di SMP dan SMA Muhammadiyah 1 Tuban.

Aneka kebutuhan dijual pada bazar tersebut. Di antaranya jajanan berasal dari olahan singkong, olahan ikan berupa berupa Frozen dan aneka jajan lainnya. (*)

Kontributor: Iwan Abdul Gani.

Exit mobile version