Site icon TAJDID.ID

Kenalan Baru, Baru Kenalan….

Tangkapan layar cover Al Qur'an al Karim, (Terjemahan, Asbabun Nuzul, Glosarium & Indeks Alfabetis)

Oleh: Sahlan Marpaung

Namanya Noor Singgih, ketemu dengan beliau saat mengikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jawa Barat (BPSDM Jabar) yang dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2022 sampai dengan 21 September 2022.

Beliau berasal dari Kota Magelang, usianya 10 tahun di bawah saya yang sudah 3 tahun di atas limapuluh. Ibadahnya luar biasa, pukul 04.00 sudah berangkat meninggalkan penginapan menuju masjid yang jaraknya dari penginapan lebih kurang 350m masih dalam lingkungan komplek BPSDM Jabar, sementara saya biasanya baru masuk kamar mandi untuk persiapan sholat shubuh 10-15 menit menjelang azan subuh berkumandang.

Kadang bahkan beliau sudah tidak berada di kamar/tempat tidur saat saya tersentak bangun sebelum pukul 04.00. Asumsi saya beliau tahajjud di masjid menunggu masuk waktu Sholat Subuh yang untuk Cimahi pukul 04.30 an.

Kebetulan kami ditempatkan satu kamar berdua, jadi saya bisa dengan langsung melihat aktifitas beliau, Mas Noor, teman baru saya dari Kota Magelang.

Kembali ke soal ketaatan beliau dalam beribadah, setiap waktu shalat masuk beliau berupaya untuk shalat di awal waktu, bahkan untuk Maghrib, Isya dan Subuh, beliau yang sering mengumandangkan azan.

Pada satu kesempatan ngobrol, beliau menanya saya tentang bagaimana perkembangan Nahdhatul Ulama (NU) di Sumatera Utara, yang saya jawab bagus, sembari menambahkan penjelasan bahwa di Sumatera Utara, selain Muhammadiyah dan NU ada satu organisasi Islam yaitu Al Jam’iyatul Washliyah yang juga cukup berpengaruh.

Saya jadi tertarik kenapa beliau bertanya soal NU, apakah beliau anggota NU atau bagaimana. Saat saya tanyakan soal itu, beliau menjawab, bahwa beliau adalah Sekretaris NU Kota Magelang.

Kami banyak bercerita dan berbincang jika ada kesempatan menjelang istirahat malam. Ternyata Mas Noor, yang adalah Sekretaris NU Kota Magelang itu, punya dua putri yang satu sudah kelas 2 sekolah lanjutan tingkat pertama dan yang bungsu baru masuk kelas 1 sekolah dasar.

Apa yang ingin saya ceritakan adalah, baik putri pertama dan putri kedua beliau, sekolah dasarnya disekolahkan di SD Muhammadiyah Mutual 1 Kota Magelang, seorang ayah dari dua orang putri tersebut, yang adalah Sekretaris NU Kota Magelang. Seorang yang taat dalam ibadahnya, tapi punya cara pandang yang maju, yang tidak fanatik buta pada organisasi, tapi mau mengakui kemajuan orang lain dan mengapresiasi kemajuan tersebut untuk juga ikut maju bersama sama.

Oya, satu hal lagi bukti ketaatan beliau dalam beribadah, beliau rajin membaca al Qur an, yang mushafnya sengaja beliau bawa dari rumah, yang karena saya tidak ada membawa mushaf al Qur an, maka saat saya ingin wirid membaca Al Qur an lantas saya pinjam mushaf Al Qur’an milik beliau. Lha, ternyata itu mushaf Al Qur an ditempel sticker yang berisi tulisan, “Tali Kasih Wisuda” Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, sementara di sampul bertuliskan : Al Qur an al Karim, dilengkapi terjemahan, Asbabun Nuzul, Glosarium & Indeks Alfabetis
Logo Muhammadiyah dengan tulisan PIMPINAN PUSAT MUHAMMADIYAH. (*)

Cipageran, Cimahi 8 September 2022

Penulis adalah Ketum Korwil FOKAL IMM Sumatera Utara

Exit mobile version