Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa jutaan mikroba berbahaya mencoba masuk ke dalam tubuh manusia. Jika manusia tidak memiliki mekanisme pertahanan sistem kekebalan tubuh, maka tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup bahkan untuk sesaat.
Tetapi Allah telah membangun dalam diri manusia mekanisme pertahanan yang melawan patogen berbahaya ini. Jika mekanisme pertahanan manusia memiliki kekuatan yang cukup untuk mengalahkan jutaan kuman berbahaya yang masuk ke dalam tubuh setiap saat, maka orang tersebut tetap sehat.
Jika mekanisme pertahanan internal tubuh lemah dan tidak mampu melawan dan mengalahkan kuman eksternal, maka orang tersebut menjadi sakit. Obat-obatan yang dikonsumsi manusia tidak benar-benar menyembuhkan penyakit tetapi membantu memperkuat daya juang tubuh sehingga dapat mengatasi dan mengalahkan kuman luar, menjadikan tubuh sehat kembali. Jika tidak, maka kuman berbahaya mengalahkan daya pertahanan tubuh dan orang tersebut mati. Inilah hukum perkembangan ke atas yang bekerja tanpa henti di Alam Semesta pada tingkat fisik, pada tingkat manusia, pada tingkat pribadi, dan pada tingkat “diri” manusia.
Al-Quran mengatakan ini 1400 tahun yang lalu yang diklaim oleh sains modern sebagai salah satu penemuan terbesarnya. Al-Qur’an mengatakan bahwa Allah telah menciptakan keseimbangan (مِيزَا) untuk segala sesuatu di alam semesta:
“Dan langit telah ditinggikan-Nya dan Dia ciptakan keseimbangan” ~ QS. Ar Rahmaan [55]: 7
Allah telah merancang untuk semua hal skala untuk mengukur berat total hal-hal baik versus berat total hal-hal buruk:
Maka adapun orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan (senang).Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya,maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. ~ QS. Al-Qari’ah (101): 6-9
Cetak biru Al-Qur’an akan membantu dalam membangun sistem kehidupan berdasarkan keadilan dan keadilan universal, bukan sistem yang tidak adil dan tidak adil saat ini. Setiap orang di dalamnya akan diberi posisi sesuai dengan perbuatannya:
Dan masing-masing orang ada tingkatannya, (sesuai) dengan apa yang mereka kerjakan. Dan Tuhanmu tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan” ~ QS. Al-An’am (6): 132.
Orang yang amal baiknya lebih berat di timbangan keadilan akan menemukan dirinya dalam keadaan hidup yang bahagia dan bahagia. Dan orang yang amal buruknya lebih berat timbangannya akan terjerumus ke dalam jurang kemerosotan. Pikirannya (atau kecerdasannya) tidak akan membantu apa pun, dan dia akan mengembara dalam penderitaan dan keputusasaan.
Hukum ini didasarkan pada efek kumulatif dari perbuatan baik versus efek kumulatif dari perbuatan buruk. Jika bobot kumulatif perbuatan baik lebih berat dibandingkan dengan bobot kumulatif perbuatan buruk, maka seseorang pindah ke tahap kebahagiaan berikutnya dalam kehidupan ini – dan kemudian ke tahap kebahagiaan berikutnya di kehidupan berikutnya, yaitu kehidupan akhirat.
Diri manusia dan kehidupan akhirat
Mari kita melangkah lebih jauh. Manusia dibentuk bukan hanya dari tubuhnya tetapi juga dari “dirinya”. Hidupnya hanya sampai dunia ini tetapi tujuan hidupnya yang sebenarnya adalah makanan dan rezeki dirinya. Ini terjadi melalui hukum perkembangan yang sama seperti yang dialami tubuh selama hidupnya di dunia. Setiap tindakan manusia tidak hanya mempengaruhi tubuhnya tetapi juga mempengaruhi “dirinya”. Diri juga memiliki skala dengan dua sisi. Perbuatan baik – apa yang kita sebut perbuatan bajik – mengintegrasikan dan memperkuat “diri”; dan perbuatan buruk – atau perbuatan jahat – menghancurkan dan melemahkan “diri”:
“Demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)nya, maka Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya. Sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu)” ~ QS. Asy-Syams (91): 7-9.
Pertimbangkan diri manusia, dan bagaimana ia dibentuk sesuai dengan apa yang dimaksudkan. Dan bagaimana hal itu dipenuhi dengan kegagalan moral dan juga dengan kesadaran akan Tuhan! Ke keadaan bahagia memang akan mencapai dia yang menyebabkan [diri] ini tumbuh dalam kemurnian, dan benar-benar tersesat dia yang menguburnya [dalam kegelapan].
Setelah kematian tubuh, “diri” bergerak ke tahap evolusi berikutnya – kehidupan surga – jika bobot kumulatif dari tindakan baik dan bajiknya lebih tinggi.
Di sisi lain, jika bobot kumulatif perbuatan buruknya lebih tinggi dari bobot perbuatan baiknya, maka ia tidak dapat melanjutkan ke tahap perkembangan berikutnya dan terjebak di neraka – disebut Jahannam atau Jahem dalam bahasa Arab. Arti kata Jaheem dalam bahasa Arab adalah terjebak, tidak bisa bergerak lebih jauh.
Arkeologi telah mengungkapkan beberapa spesies yang tidak dapat bertahan lebih jauh karena mereka tidak dapat pindah ke tahap evolusi berikutnya. Hewan yang telah selamat dari tahap evolusi kehidupan mereka dan telah mencapai akhir perjalanan mereka akan tetap berada di sana dan tidak akan dapat berevolusi lebih jauh. Ini adalah Jaheem bagi mereka. Hal yang sama akan terjadi pada manusia jika “diri” mereka tidak cukup kuat untuk melangkah ke tahap kehidupan selanjutnya – kehidupan surga – setelah kehidupan ini. Mereka akan tetap terjebak – selamanya di neraka.
Al-Qur’an menyebut tindakan-tindakan yang memperkuat “diri” حَسَنَاتِ (Hasan-aat) – tindakan yang baik (memulihkan keseimbangan); dan tindakan-tindakan yang melemahkan diri disebut اتِ (Sayyi-aat) – tindakan buruk (penghancur keseimbangan atau kejahatan). Ini disimpan di dua sisi skala akuntabilitas. “Diri” yang sisi ا (Hasan-aat) lebih berat bergerak maju dan pergi ke surga (Jannah). Orang-orang yang pergi ke Jannah sisi اتِ (Sayyi-aat) mereka tidak kosong – mereka memiliki bobot perbuatan buruk yang mereka lakukan tetapi ini lebih ringan dibandingkan dengan skala اتِ (Hasan-aat). Ini adalah konsep keseimbangan yang sangat signifikan yang telah disebutkan oleh Al-Qur’an untuk pergi ke surga.
Dalam agama lain pergi ke surga berkisar pada konsep keselamatan, yaitu orang yang bebas dari dosa atau kejahatan. Karena manusia sepanjang hidupnya tidak akan pernah bisa bebas dari dosa, agama-agama lain telah menemukan cara yang cerdik untuk menyingkirkan dosa manusia untuk akhirnya mencapai keselamatan dan baru setelah itu mereka bisa masuk surga.
Ajaran Al-Qur’an, di sisi lain, didasarkan pada fakta dan realitas kehidupan. Ia mengakui bahwa manusia cenderung melakukan kesalahan. Ia mengajarkan cara hidup yang seimbang yang memiliki amal baik dan buruk, tetapi selama sisi amal baik lebih berat dibandingkan dengan sisi buruk dalam skala kehidupan, seseorang akan masuk surga. Seseorang tidak harus sepenuhnya bebas dari dosa untuk masuk surga menurut Quran.
Dan laksanakanlah shalat pada kedua ujung siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan malam. Perbuatan-perbuatan baik itu menghapus kesalahan-kesalahan. Itulah peringatan bagi orang-orang yang selalu mengingat (Allah)”~ QS. Hud (11): 114.
Hasil yang diperoleh dari tindakan baik Anda akan mengkompensasi efek buruk dari kekurangan Anda, jika ada. Ini adalah prinsip dasar bagi mereka yang mematuhi hukum Allah. Ini bukan sesuatu tentang keselamatan, penebusan dosa, pengampunan, permohonan bantuan, insentif, atau rekomendasi. Ini adalah hal yang murni berdasarkan prinsip.
Ini adalah prinsip ilahi yang abadi (keseimbangan). Realitas yang tersebar di seluruh Semesta memvalidasi prinsip ini. Ilmuwan Barat – bahkan mereka yang tidak percaya pada Quran atau Tuhan – telah sampai pada kesimpulan ilmiah melalui penelitian mereka bahwa segala sesuatu dan setiap kehidupan di alam semesta didasarkan pada prinsip keseimbangan. Jika sisi kekuatan konstruktif kumulatif pada keseimbangan hidup lebih berat daripada sisi kekuatan destruktif kumulatif, maka kehidupan menopang. Mereka telah menemukan bahwa inilah cara sistem kehidupan bergerak maju. Ada banyak level berbeda dari elemen negatif dan destruktif yang terlibat. Al-Qur’an mengatakan bahwa orang-orang beriman tidak melakukan kejahatan berdampak tinggi:
“(Yaitu) mereka yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji, kecuali kesalahan-kesalahan kecil.Sungguh, Tuhanmu Mahaluas ampunan-Nya. Dia mengetahui tentang kamu, sejak Dia menjadikan kamu dari tanah lalu ketika kamu masih janin dalam perut ibumu. Maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dia mengetahui tentang orang yang bertakwa.” QS. An Najm (53): 32
Orang-orang ini (yang menjalani kehidupan yang benar) menghindari pelanggaran serius yang memperlambat pertumbuhan kepribadian manusia dan tindakan yang menyebarkan kekejian. Namun, dalam situasi ketika seseorang menyadari hal ini dan segera mengoreksi dirinya sendiri (7:201), atau bahkan jika ia membuat kesalahan yang tidak disengaja (dan setelah itu mengoreksi dirinya sendiri), maka ia dilindungi dari konsekuensi yang merugikan dari tindakan tersebut.
Dengan kata lain, ini berarti bahwa beban perbuatan baik mereka begitu berat sehingga memberikan perlindungan terhadap dampak buruk dari kesalahan kecil yang tidak disengaja. Al-Qur’an mengatakan bahwa Allah telah menciptakan keseimbangan (مِيزَا) untuk segala sesuatu di alam semesta:
Dan langit telah ditinggikan-Nya dan Dia ciptakan keseimbangan, agar kamu jangan merusak keseimbangan itu.dan tegakkanlah keseimbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi keseimbangan itu.
QS. Ar Rahmaan (55):7-9.
Inilah persisnya apa yang Nabi Muhammad SAW capai dan tunjukkan kepada dunia pada saat seluruh dunia tenggelam dalam kegelapan ketidakseimbangan dan ketidakadilan.
Kini, satu-satunya cara untuk mencapai jalan hidup manusia yang seimbang dan lurus adalah jalan di mana jejak kaki Nabi Muhammad SAW masih bersinar – dan akan selalu bersinar – dengan kilau dan intensitas tinggi.
Semoga Allah memberi kita ketabahan, ketekunan, dan komitmen yang teguh untuk mengikuti jejak Nabi (SAW) yang bersinar. Kemudian Allah menjamin bahwa kekuatan kosmik-Nya akan bergabung dengan kita dalam upaya kita untuk mencapai tujuan ini:
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” ~ QS. Al Ahzab (33): 56
Sumber: free-islamic-course.org