Site icon TAJDID.ID

Diduga Hina Nabi Muhammad SAW, Politisi Nasionalis Hindu India Ditangkap

Thakur Raja Singh.

TAJDID.ID || Seorang anggota parlemen dari Partai Bhartiya Janata (BJP) nasionalis Hindu, Thakur Raja Singh, ditangkap karena diduga membuat pernyataan menghina Nabi Muhammad SAW, yang kemudian memicu protes besar di kota Hyderabad di negara bagian Telangana India pada Senin (22/8) malam.

Menurut polisi Hyderabad, Thakur Raja Singh, anggota BJP dari Majelis Legislatif negara bagian, ditangkap pada Selasa pagi setelah beberapa kasus didaftarkan terhadapnya di lokasi yang berbeda di kota.

“Kami telah menangkapnya. Rincian lebih lanjut akan segera dibagikan, ”Joel Davis, seorang perwira polisi senior di Hyderabad mengatakan kepada Anadolu Agency.

“Sebuah kasus terdaftar di bawah bagian hukum yang berkaitan dengan penghinaan keyakinan agama,” ujar P Sai Chaitanya, Wakil Komisaris Polisi, Zona Selatan, Hyderabad.

Pada hari Senin, Singh merilis sebuah video yang menunjukkan dia diduga membuat komentar menghina tentang Nabi Muhammad. Akibatnya, kemudian protes pecah di berbagai bagian Hyderabad pada Senin malam. Pengunjuk rasa menuntut Thakur Raja Singh ditindak atas pernyataannya.

Sebelumnya, Nupur Sharma, juru bicara BJP, juga membuat komentar menghina Nabi selama debat TV, yang kemudian menimbulkan kecaman luas baik di dalam negeri maupun di dunia Muslim. Pernyataannya dikutuk oleh pemerintah India dan partai, yang menskorsnya hanya setelah tekanan dari negara-negara Muslim.

Juru bicara BJP lainnya, Naveen Kumal Jindal, dikeluarkan dari partai karena membuat komentar di media sosial yang mendukung Sharma dan menentang Islam. Menyusul pernyataan mereka, demonstrasi besar-besaran diadakan di seluruh negeri.

Diketahui, puluhan negara Muslim serta organisasi internasional mengecam pernyataan kontroversial tersebut. (*)

Exit mobile version