Site icon TAJDID.ID

Riset: Pemberitaan Media di Inggris tentang Muslim dan Islam Cenderung Negatif

Muslim di Inggris. (net)

TAJDID.ID || Belum lama ini, The Centre for Media Monitoring (CfMM) dalam laporan hasil risetnya mengungkapkan, liputan dan pemberitaan media tentang Muslim dan Islam di Inggris memiliki kecenderungan negatif.

Penelitian yang bertajuk ”British Media’s Coverage of Muslims & Islam (2018-2020)” adalah salah satu bagian paling luas dari penelitian statistik yang dilakukan tentang bagaimana Muslim dan Islam dilaporkan di media Inggris dan mengungkapkan melalui 100-an contoh skala pelaporan negatif yang terkait dengan Muslim di negara tersebut.

CfMM yang menganalisis lebih dari 48.000 artikel online dan 5.500 klip siaran, telah mengungkapkan hampir 60% artikel media online dan 47% klip televisi mengaitkan Muslim dan/atau Islam dengan aspek atau perilaku negatif.

Sepuluh studi kasus disajikan yang menunjukkan Muslim disalahartikan, difitnah dan difitnah dalam publikasi besar, dengan kerugian dibayarkan dalam 9 kasus, di samping permintaan maaf publik.

“Standar jurnalistik yang tinggi sangat penting untuk media bebas kita, yang memperlakukan Muslim secara adil dan tidak berusaha untuk secara sengaja salah menggambarkan komunitas Muslim,” ujar salah seorang peneliti CfMM.

Terkait temuan ini, sejumlah jurnalis dari media internasional menggapinya secara positif.

Misalnya, editor Sunday Times, Emma Tucker mengapresiasi laporan tersebut.  Ia menyebut bahwa laporan CfMM adalah kritik terhadap pers.

“Saya menyambut baik laporan ini – dengan pengetahuan penuh bahwa ini berisi kritik terhadap pers, termasuk makalah saya sendiri.” kata Emma Tucker.

Kemudian Pemimpin Redaksi The Mirror, Alison Philips mengatakan, bahwa laporan CfMM telah menunjukkan betapa jurnalis sudah selayaknya introspeksi, terutama terkait pelaporan tentang Muslim dan Islam

“Laporan oleh Center for Media Monitoring ini menunjukkan betapa kita sebagai jurnalis harus mempertanyakan diri kita sendiri dan pekerjaan yang kita hasilkan dalam kaitannya dengan pelaporan Muslim dan Islam.” ujar Alison Philips.

Bersambung ke hal 2 

 

CfMM menjelaskan laporan mereka tersebut menunjukkan beberapa perbaikan dalam perlakuan terhadap Muslim dengan menyoroti liputan positif dan adil terhadap Muslim di media. Dan itu sudah mulai ditunjukkan sejumlah media, diantaranya; pelaporan BBC tentang penganiayaan Muslim Uighur, The Sun menampilkan Asma Shuweikh sebagai “pahlawan minggu ini” dan keunggulannya. wanita Muslim bertepuk tangan untuk NHS di halaman depan Daily Telegraph.

Terkait penelitian mereka, CFMM menjelaskan, bahwa mereka telah memantau 34 outlet media melalui situs online mereka dan 38 saluran televisi (termasuk semua saluran regional) antara Oktober 2018 – September 2019.

Media Online

Untuk media online, CfMM dalam penelitian mereka menemukan fakta sebagai berikut:

Televisi

Sedangkan untuk konten televisi CfMM menemukan:

Direktur CfMM, Rizwana Hamid mengatakan, laporan terbaru CfMM ini tidak berusaha untuk menyalahkan media, jurnalis, penyiar atau reporter manapun. Ditegaskaannya, CfMM tetap berkomitmen pada media bebas yang melaporkan tanpa rasa takut atau mendukung dan meminta pertanggungjawaban mereka yang memegang kekuasaan.

“Namun, sudah waktunya bagi industri untuk mengakui bahwa, kadang-kadang dan terlalu sering ketika menyangkut Muslim dan Islam, hal itu salah. Profesional media harus menyambut pengawasan ini, dan menerapkan rekomendasi ini untuk meningkatkan standar jurnalistik.” sebut Rizwan Hamid.

Sementara penulis laporan Faisal Hanif menyatakan, bahwa  Muslim maupun Islam tentu tidak boleh kebal dari kritik atau penyelidikan reportase.  Kendati demikian ia berharap dilakukan secara adil dan hati-hati, tanpa menggunakan kiasan dan generalisasi yang sudah usang.

“Studi ini berharga baik bagi komunitas akademik, dan terlebih lagi bagi ruang redaksi dan jurnalis, dan dalam beberapa hal akan meningkatkan pelaporan dan peliputan Muslim dan keyakinan mereka di tahun-tahun mendatang.” tegasnya.

***

The Centre for Media Monitoring 

The Centre for Media Monitoring (CfMM) adalah proyek Dewan Muslim Inggris (a Muslim Council of Britain). Lembaga ini lahir sebagai respon dari temuan sejumlah akademisi dan spesialis di seluruh dunia yang menyebut bahwa  pemberitaan media arus utama tentang Islam dan Muslim berkontribusi pada suasana meningkatnya permusuhan terhadap Muslim di Inggris.

Visi CfMM adalah untuk menyoroti tren negatif di media serta mempromosikan praktik yang baik. Untuk mengubah narasi seputar Islam dan Muslim, CfMM bertujuan untuk terlibat secara konstruktif dengan media dan memberdayakan komunitas dengan cara-cara berikut:

Sumber: cfmm.org.uk

Exit mobile version