Site icon TAJDID.ID

Dosen FISIP UMSU Dr M Said Harahap Juri Fotografi Destinasi Wisata Aceh Singkil

TAJDID.ID~Singkil || Lomba Foto Destinasi Wisata Daera Kota Singkil yang digelar oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Aceh Singkil, telah dilakukan penilaian oleh para juri, Jumat (17/12/2021).

Para juri yang melakukan penilaian terhadap foto-foto peserta, yaitu Dr.M.Said Harahap,. M.I Kom, (Dosen FISIP UMSU) dan Lukman Hakim S.I.Kom (Staf Publikasi dan Informasi).

Lomba foto yang berlangsung sejak 09 Desember hingga 16 Desember 2021 ini terbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia.

Adapun tema Destinasi Wisata Daerah Aceh Singkil 2021  yang diangkat kali ini untuk menggairahkan kunjungan wisata Aceh Singkil yang masuk dalam program kegiatan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat yakni Lomba Fotografi Destinasi Wisata Aceh Singkil 2021.

Said Harahap menjelaskan, semangat yang dibawa oleh lomba fotografi Destinasi Wisata Daerah Aceh Singkil kali ini masih semangat membangkitakan kunjungan destinasi wisata daerah.  Sebagaimana diketahui Indonesia adalah negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam maupun keragaman budaya terutama yang ada di Aceh Singkil.

“Kekayaan dan keberagaman inilah yang menjadikan setiap sudut alam nusantara seakan tidak pernah habis untuk dieksplorasi, salah satunya melalui fotografi,” ujar Said Harahap kepada wartawan di Lokasi Penjurian Pulau Banyak Aceh Singkil (17/12/2021).

Adapun, subtema yang dapat dipilih oleh para peserta lomba antara lain kebudayaan dan pariwisata. Wisata Daratan Aceh Singkil dan Wisata Kepulauan Banyak.

Hadiah yang diperebutkan dalam Lomba Fotografi Destinasi Wisata Daerah Aceh Singkil bernilai jutaan rupiah.

Peserta yang terlibat dalam Lomba Fotografi Destinasi Wisata Daerah Aceh Singkil banyak diminati para komunitas fotografi terutama pelajar dan mahasiswa, Seluruh foto yang masuk diseleksi oleh dewan juri.

Menurut Said Harahap, foto yang dipilih menjadi pemenang dalam Lomba Fotografi Destinasi Wisata Aceh Singkil adalah foto dengan sudut pandang yang disesuaikan dengan tema lomba, ide dan kreativitas pengambilan foto.

“Dengan kata lain, foto yang diambil bukanlah foto di tempat atau sesuatu yang pernah diambil sebelumnya. Angle foto yang terpilih adalah angle yang berbeda dengan foto-foto sebelumnya atau fotografer lainnya,” jelasnya.

“Diharapkan dengan ini Dinas Pariwisata Aceh Singkil bisa menjadi sumber baru referensi karya visual di Aceh Singkil,” imbuhnya.

Foto-foto yang masuk seluruhnya menarik yang membuat proses penilaian membutuhkan waktu, Selain itu, bukan tidak mungkin akan muncul perdebatan antar juri dan panitia lomba mengenai foto-foto yang layak menjadi juara dalam lomba kali ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Aceh Singkil Edy Hartono BA didampingi oleh Kabid Pemasaran dan Pariwisata Amran Ramli SE,M.AP berharap foto-foto yang dilombakan dalam lomba fotografer ini bisa mempromosikan potensi pariwisata di dalam negeri.

“Hal ini telah dibuktikan destinasi wisata Aceh Singkil khususnya kepulauan banyak memperoleh peringkat pertama dalam ajang ANUGERAH PESONA INDONESIA 2021 (API Award) tidak dapat dipungkiri jika masih banyak potensi pariwisata yang belum digali dan dimanfaatkan dengan baik lagi sebagi potensi kunjungan wisata Indonesia,” ujar Edy Hartono.

Selain itu, ia juga berharap kedepan lomba foto kali ini bisa menjaring fotografer-fotografer muda berbakat.

“Harapannya bisa menciptakan fotografer junior atau bakat-bakat baru dengan kemampuan yang tidak kalah dengan para fotografer senior. Karena saat ini banyak anak muda yang punya dan bisa berkarya tetapi belum dimaksimalkan bakatnya,” katanya.

Nama para pemenang lomba kategori Daerah Wisata Daratan Aceh Singkil yaitu, Irwan Lingga, Ibnu Java Kesuma, dan Andri Liska BK.

Sedangkan  pemenang lomba kategori Daerah Wisata Kepulauan Banyak yaitu, Mayora Rizky Priandhana, Fauzi Akbar, Fachri Fachrezisyah Putera. (*)

Exit mobile version