Site icon TAJDID.ID

Tiga Dosen FISIP UMSU laksanakan PKM Bantu SDM Desa dalam Mengelola BUMDes di Simalungun

Ketua: Jehan Ridho Izharsyah, S.Sos, M.Si, Anggota ; Faizal Hamzah Lubis, S.sos, M.I.Kom dan Abrar Adhani, S.Sos, M.I.Kom.

TAJDID.ID~Simalungun || Tiga dosen dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FISIP UMSU) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Balai Desa Nagori Totap Majawa dengan mengikutkan 3 Desa yakni Nagori Totap Majawa, Nagori Marubun Jaya dan Nagori Parbalogan yang ada di Simalungun dalam membantu sumber daya manusia di desa dalam mengelola Bumdes. (12/06/21)

Jehan Ridho Izharsyah, S.Sos, M.Si menjelaskan bahwa Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan tonggak sejarah yang menjadi sarana pemerintah untuk memajukan desa melalui Dana Desadan Dana Alokasi Desa.

“Sebagai instrument otonomi desa adalah untuk mendorong pemerintah desa dalam mengembangkan potensi desanya sesuai dengan kemampuan dan kewenangan desa, sedangkan sebagai instrument kesejahterakan masyarakat yakni dengan melibabkan msayarakat dalam pengelolan BUMDes serta sebagai sebuah program yang dirancang oleh pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik” jelas Jehan

Ditambahkan Abrar Adhani, S.Sos, M.I.Kom bahwa nantinya kita akan membantu masyarakat dalam hal mengemas dan menginformasikan produk atau memetakan potensi apa saja yang ada di desa.

“Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bumdes berdasarkan regulasi yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat kemudian bagaimana menganalisis potensi desa yang dapat dikembangkan untuk komoditi unggulan BUMDes.”UngkapAbrar

Faizal Hamzah Lubis, S.Sos, M.I.Kom menambahkan bahwa peran media sosial dalam mempublikasikan potensi wilayah dana ktivitas masyarakat sangat perlu. Apalagi di era perkembangan teknolgi saat ini berharap untuk menginformasikan pengembangan Desa dan potensi-potensi desa agar bisa diketahui masyarakat luas.

Sementaraitu, Pangulu Totap Majawa, Erlisa Sinaga mengucapkan terimakasih kepada tim dosen FISIP UMSU yang telah bersedia datang dan membantu desa..

“Kami menyadari bahwa kita butuh untuk saling berjaringan, semoga ini menjadi langkah awalbagi kita untuk terus bersinergi dalam memajukan desa kami,” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dosen FISIP UMSU Sigit Hardiyanto, Fauzan dari Mahasiswa FISIP UMSU, Panguludari Desa, beberapa Pengeloa BUMDes, dan masyarakat lainnya. Peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan ini. (*)

.

Exit mobile version