Site icon TAJDID.ID

H Suwarto, Tokoh Muhammadiyah Tuban Tutup Usia

TAJDID.ID~Tuban || Muhammadiyah Tuban berduka. Salah satu tokoh terbaiknya, Drs. H. Suwarto yang telah wafat pada Senin (15/3/2021) dan dimakamkan pada Selasa (16/3/2021). Beliau menghembuskan nafas terakhir di rumahnya pada pukul 22 WIB.

Menurut penuturan salah satu sahabatnya, Drs. Mabaul Mushofa bahwa subuhnya beliau sempat menjadi imam shalat di Masjid Al Fajri Tuban.

“Subuh menjadi imam shalat subuh, kemudian sempat jalan-jalan di GOR, jam 8 samapi jam 11 menghadiri rapat di Kemenag, kemudian jam 3 dadanya sakit, sepeda motor sendiri ke pak Bas (Dokter Basuki) minta obat, kemudian pulang sekitar jam 9 malam terasa sakit lagi, jama 10 (20.00) di atas kursi, beliau dipanggil Allah.” tuturnya

Almarhum merupakan ketua Majelis Waqaf Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban sejak 2005 hingga saat ini. Di samping itu, beliau juga aktif di berbagai kegiatan.

“Di KBIH Al Fajri, beliau menjadi pengurus sudah 20 tahun, sejak 2001 sampai 2021. Di pimpinan Daerah Muhammadiyah, belaiu menjadi Ketua Majelis Waqaf yang mengurusi waqaf dan keharta bendaan Muhammadiyah di Kabupaten Tuban.” Kata Mambaul Mushofa

Di mata Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Tuban, H. Nurul Yaqin, SH. Almarhum adalah tokoh yang gigih dalam berdakwah. Beliau menjadi inspirator lahirnya beberapa majelis taklim di Kabupaten Tuban, salah satunya adalah kajian Ahad Pagi di Masjid Darussalam yang menjadi contoh bagi pengajian Islam di Kabupaten Tuban.

“Almarhum merupakan pencetus Kajian Ahad Pagi Masjid Darussalam Tuban.”ucapnya
Atas nama Pimpiman Daerah Muhammadiyah Tuban, Nurul Yakin menyampaikan terimakasih atas kehadiran para pelayat yang berkenan mendo’akan beliau, menyolati sampai menguburkan. (*)


Kontributor: Iwan Abdul Gani

Exit mobile version