Site icon TAJDID.ID

BPB Aceh Gelar Workshop Pusdalops Penanggulangan Bencana

Kepala Pelaksana BPBA, Dr. Ir. Ilyas. MP

TAJDID.ID~Aceh || Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) melaksanakan Workshop Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) bertempat di Hotel Al Hanafi Banda Aceh, Senin (08/03/2021).

Workshop Pusdalops PB yang akan berlangsung selama dua hari tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Pelaksana BPBA, Dr. Ir. Ilyas, MP dan dihadiri peserta dari BPBD Kabupaten/Kota se Aceh dan perwakilan BPBA.

Dalam sambutannya, Kalak BPBA, mengingatkan bahwa Pusdalops PB yang berada di BPBA maupun BPBD Kabupaten/Kota bekerja 24 jam dengan tugas memantau, melakukan deteksi dini bencana, mengumpulkan data dan verifikasi menjadi informasi secara cepat dan tepat sehingga menghasilkan suatu informasi yang menjadi dasar utama pengambilan keputusan yang efektif dan efisien untuk mendukung proses penanggulangan bencana.

“Data/Informasi merupakan hal yang sangat penting dalam hal penanggulangan bencana, dengan adanya data/informasi baru kita bisa menentukan langkah konkrit apa yang harus dilakukan dalam fase tanggap darurat,” ujarnya.

Diharapkan dengan workshop kinerja Pusdalops BPBD ke depannya lebih maksimal lagi, serta dalam pelaporan data lebih sinkron dengan standar laporan yang dilakukan di Pusdalops BPBA.

Ke depannya juga dihimbau agar setiap BPBD kab/kota meningkatkan ketersediaan sumberdaya utk Pusdalops baik itu SDM maupun sarana dan prasarana untuk mendukung kinerjanya.

Sementara itu Kepala Seksi Kedaruratan selaku ketua panitia pelaksana, Amarullah, SSTP, M.Dev saat laporannya menyampaikan, “Workshop Pusdalops PB Tahun Anggaran 2021” merupakan upaya BPBA untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam hal mengumpulkan, menganalisis dan menyusun laporan kebencanaan serta diseminasinya.

“Melalui kegiatan ini juga kami berharap terlatihnya para peserta yang terdiri dari perwakilan BPBA dan BPBD 23 Kabupaten/kota sehingga meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kualitas petugas dalam penyampaian data/informasi kebencanaan, serta mampu mengelola data dan informasi hingga menyebarluaskan kepada pejabat berwenang maupun masyarakat melalui media,” jelas Amar.

Workshop Pusdalops PB Tahun Anggaran 2021 akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari di Hotel Al-Hanifi Banda Aceh dari Tanggal 08 s/d 09 Maret 2021 yang diikuti oleh 50 orang peserta yang terdiri dari BPBA dan BPBD Kabupaten/Kota se Provinsi Aceh.

Ruang lingkup pelaksanaan kegiatan meliputi penyampaian materi oleh Narasumber dan diskusi kelompok.

Adapun tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kualitas petugas dalam penyampaian data/informasi kebencanaan.

Harapan dari pelaksanaan Workshop Pusdalops PB adalah petugas mampu mengelola data dan informasi hingga menyebarluaskan kepada pejabat berwenang maupun masyarakat melalui media.

Kalak BPBA yang biasa disapa Abi Ilyas, menegaskan bahwa data yang diterima dan diolah menjadi informasi harus benar-benar akurat sebelum disampaikan ke publik, misalnya data dan informasi terkait kebakaran hutan dan lahan, dimana menjadi perhatian bersama semua pihak.

Di sisi lain Provinsi tidak memiliki wilayah sehingga data dan informasi yang diterima oleh Pusdalops PB BPBA diperoleh melalui Pusdalops PB BPBD Kabupaten/Kota se Aceh. (*)


Kontributor: Agusnaidi B

Exit mobile version