Site icon TAJDID.ID

DPD IMM NTB Gandeng OJK Perkuat Ekonomi dan Literasi Keuangan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

TAJDID.ID~Mataram || Bertempat di Lingkungan Telaga Mas Kelurahan Bintaro Kecamatan Ampenan Kota Mataram, rombongan DPD IMM NTB bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB & Lazismu Provinsi NTB bangun Gerakan Edukasi Ekonomi Masyarakat, Rabu (10/2/2021).

Acara yang berlangsung di lingkungan masyarakat tersebut dijalankan dengan kaidah protokol kesehatan (prokes) yang berlaku dan menjunjung tinggi prinsip 3M (Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan). Hal ini merupakan bagian upaya memaksimalkan pencegahan penyebaran Covid-19.

Ketua Umum DPD IMM NTB, Miftahul Khair menegaskan, bahwa IMM lahir tidak hanya sebagai wadah yang membangun intelektualitas di kampus-kampus semata, tapi sejatinya lahir sebagai Rumah Masyarakat yang selalu menjawab situasi dan kondisi, baik kondisi bangsa dan negara, terlebih lagi kondisi masyarakat pada umumnya.

“Sehingga hari ini DPD IMM NTB bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi NTB dan Lazismu Provinsi NTB hadir di tengah masyarakat utamanya di tengah Pandemi Covid-19. Gerakan ini adalah bagian dari edukasi serta penguatan pemahaman masyarakat terkait kondisi ekonomi saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dituturkannya, sebagai bagian aktualisasi nilai humanitas (kemanusiaan) serta ikut menjawab kegelisahan masyarakat yang saat ini di tengah Pandemi Covid-19 yang mana semua keadaan terhimpit, baik soal akses sosial, ekonomi, pendidikan dan hampir semua terhambat, sehingga keberadaan mahasiswa sebagai agen pengontrol, penyambung, penerus dari masyarakat umum, maka IMM hadir untuk berbagi dan mengaktualisasikan nilai kemanusiaan sebagai wujud keberadaannya di tengah masyarakat umum.

Acara yang dikemas dalam bentuk “Gerakan Edukasi dan Literasi Keuangan Masyarakat” ini menghadirkan pemateri dari Kepala OJK Provinsi NTB yang diwakili oleh Bambang S. Antariksawan (Kepala Bagian Edukasi & Perlindungan Konsumen), Muhammad Abdul Mannan (Staf Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen) serta Ketut Sudarmana (Direktur Utama PD BPR NTB Mataram).

OJK berharap kepada semua lapisan masyarakat tetap bersabar dalam menghadapi pandemi saat ini. Namun OJK mengingatkan masyarakat tidak boleh lupa, bahwa kehidupan, baik ekonomi dan sosial harus terus dimaksimalkan dengan ketentuaan yang ada, agar  tetap bisa bertahan hidup.

Oleh karenanya OJK saat ini memberikan pemahaman ekonomi di tengah wabah seperti saat ini, sehingga kedepannya kita dapat temukan solusi-solusi terbaik untuk keberlanjutan hidup kita kedepannya.

Selain itu, tak lupa sambutan hangat dari Kepala Lingkungan Telaga Masa Kelurahan Bintaro Ampenan, Maryam dan seluruh warganya memberikan apresiasi kepadaIMM NTB dan OJK Provinsi NTB yang telah hadir di tengah masyarakat dalam memberikan edukasi ekonomi.

Besar harapan kedepannya, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam UMKM dapat dibina sehingga usaha masyarakat danpat berkembang sehingga menghidupkan masyarakat di tengah wabah Pandemi Covid-19 ini.

Sementara itu, PD BPR NTB Mataram, melalui Direktur Utama, Ketut Sudarmana, mengajak masyarakat untuk mengelola keuangan bersama program-program menarik dari PD BPR NTB Mataram, sebab mereka telah menyiapkan program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Kota Mataram di saat ini dan kedepannya.

“Di samping itu, peserta yang kami prioritaskan adalah ibu-ibu rumah tangga dan nelayan, serta juga yang ikut terlibat dalam acara ini akan diberikan sembako yang di dalamnya berisi kebutuhan pokok. Dengan ini kami berharap dapat membatu masyarakat di tengah Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Di samping itu juga, kata Ketut Sudarmana, pihaknya berharap setelah kegiatan edukasi ini dapat membuka peluang-peluang baru bagi masyarakat untuk tetap bertahan walaupun di tengah ancaman Pandemi Covid-19 ini, karena orientasi besar dari kegiatan ini adalah masyarakat diharapkan tetap membangun kekuatan ekonomi produktif sehingga perputaran ekonomi di lingkungan masyarakat berjalan dengan baik.

“Sehingga kehadiran pemerintah bukan menjadi satu-satunya yang diharapkan di tengah keadaan Pandemi Covid-19 ini,” sebutnya.

Kedepannya DPD IMM NTB bersama instansi terkait juga akan terus mengawal kegiatan ini, sehingga proses pemulihan dan penguatan ekonomi masyarakat ini berjalan maksimal terutama ibu-ibu rumah tangga yang menjalankan usaha-usah kecil dan menengah.

Bahkan kedepan diharapkan kelompok-kelompok ini menjadi Desa Binaan DPD IMM NTB. (*)


Kontributor: Yandis A Nababan

Exit mobile version