Site icon TAJDID.ID

Al~Biruni, Ilmuan Muslim Jenius yang Minim Publikasi

Abu Rayhan Al-Buruni.

Tidak bisa dipungkiri, kontribusi para ilmuwan Muslim dalam memajukan ilmu pengetahuan dunia sangat besar dan tidak kalah dari yang lain.

Salah satu ilmuan besar muslim terkenal tersebut adalah Abu Rayhan Al-Biruni. Al-Biruni adalah seorang ilmuwan abad pertengahan Muslim terkemuka. Ia menjadi terkenal selama Zaman Keemasan peradaban Islam yang bisa dibilang meluas antara 750 CE -1258 CE.

Banyak pihak mengakui, bahwa Al-Biruni adalah salah satu ilmuwan terhebat sepanjang masa. Dia mempelajari begitu banyak cabang ilmu pengetahuan, dan melakukan banyak pekerjaan praktis pada sejumlah inovasi ilmiah.
Al-Biruni memiliki pengaruh yang cukup besar pada sains modern, kendati tidak ada karyanya yang diterjemahkan ke dalam bahasa barat sampai abad ke-20.

Pengaruhnya sebagai Ilmuwan Muslim berada di atas papan. Tapi dalam studi sejarah dia tidak mendapat ruang publisitas yang sepantasnya seperti yang diberikan kepada ilmuwan Renaisans di Eropa.

Fenomena ini tidak hanya memengaruhi Al-Biruni, tetapi banyak ilmuwan abad pertengahan Muslim yang penemuannya yang ambisius dan inovatif sengaja disembunyikan di bawah rak hanya untuk mengumpulkan debu.

Namun, para sejarawan percaya bahwa peran yang dimainkan Al-Biruni dalam penemuan-penemuan ilmiah sejauh ini merupakan salah satu pencapaian yang luar biasa tidak hanya di kalangan cendekiawan Muslim, tetapi di antara para ilmuwan sepanjang masa.

 

Polimatik

Lahir pada tanggal 4 September 973 M di Khwarezm, Khorasan (sekarang Uzbekistan,) Al-Biruni belajar sains tanpa lelah sampai kematiannya pada tahun 1052 M.

Menurut banyak sumber sejarah, Al-Biruni adalah salah satu ilmuwan paling sukses di seluruh abad pertengahan.

Dia menjadi legendaris karena kecerdasan dan kecerdikannya dalam menghasilkan sains revolusioner, meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam studi dari begitu banyak disiplin ilmu.

Dalam bahasa ilmiah, dia dianggap sebagai seorang polimatik. Dia tidak menyisakan kesempatan dalam ambisinya yang tak terbatas untuk memajukan pemahaman ilmiah pada zamannya.

Dia punya jari di setiap pai, dari antropologi yang banyak hingga astronomi dan astrologi yang rumit; dari kimia komposit hingga sosiologi komparatif; dari matematika ilmiah hingga fisika fenomenal; dan lebih menuntut dari psikologi perilaku ke filosofi prinsip.

Dia tercatat pernah berkata, “Saya telah mulai dengan geometri dan melanjutkan ke aritmatika dan ilmu angka, lalu ke struktur alam semesta, dan akhirnya ke astrologi yudisial, karena tidak ada yang layak dengan gaya dan gelar astrolog. yang tidak sepenuhnya fasih dengan empat ilmu ini. ”

Ahli astrologi kebangkitan Inggris William Lilly dalam bukunya ‘Astrologi Kristen’ menggambarkan Al-Biruni sebagai orang yang sangat bijaksana dengan hasrat yang tak tertandingi akan sains selama Abad Pertengahan.

“Seorang pembela atau ahli logika yang sangat baik, berdebat dengan pembelajaran dan kebijaksanaan, dan menggunakan banyak kefasihan dalam pidatonya, seorang yang menyelidiki semua jenis misteri dan pembelajaran, tajam dan jenaka, mempelajari hampir semua hal tanpa seorang guru; ambisius menjadi luar biasa dalam setiap sains, berkeinginan secara alami untuk bepergian dan melihat bagian asing: seorang pria yang luar biasa mewah, ingin tahu dalam mencari pengetahuan okultisme apa pun; mampu dengan kejeniusannya sendiri menghasilkan keajaiban; diberikan pada ramalan dan lebih banyak pengetahuan rahasia, “ tulis Lilly.

Al-Biruni dikatakan sebagai orang pertama yang melakukan eksperimen rumit yang terkait dengan kejadian astronomi. Dia secara pragmatis bereksperimen dan menggambarkan gerhana matahari pada 8 April 1019, dan gerhana bulan pada 17 September 1019.

Pada tahun 1031, Al-Biruni menyimpulkan ensiklopedia astronomi yang mencakup semua yang disebut Kitab al-Qanun al-Mas’udi (dalam bahasa Latin sebagai “Canon Mas’udicus,”) di mana ia mencatat hasil astronomisnya dan menemukan tabel astronomi dengan kesimpulan logis.

Menurut Encyclopedia Britannica, masukan asli Al-Biruni ke dalam astronomi dan astrologi terlihat jelas di hampir setiap bab buku tersebut.

“Al-Biruni membuat perbedaan halus antara gerakan puncak matahari dan gerakan presesi dan mengeksplorasi banyak teknik matematika terapan lainnya untuk mencapai presisi yang jauh lebih tinggi dan kemudahan penggunaan hasil astronomi yang ditabulasikan,” kata Britannica.

Menurut situs MacTutor History of Mathematics Archive, yang dikelola oleh Profesor John J. O’Connor dan Edmund F. Robertson di Universitas St Andrews, Skotlandia, Al-Biruni menentukan garis lintang kampung halamannya menggunakan ketinggian maksimum Matahari di usia muda 17 tahun.

“Kontribusi penting untuk geodesi dan geografi juga dibuat oleh Al-Biruni. Dia memperkenalkan teknik untuk mengukur Bumi dan jarak di atasnya menggunakan triangulasi. Dia menemukan radius Bumi adalah 6.339,6 km, nilai yang tidak diperoleh di Barat sampai abad ke-16, ”jelas situs web tersebut.

 

Menulis 146 Buku

Ilmuwan Muslim itu juga memeras otak untuk mengekspos dan mempelajari batu permata dan logam. Mineralogi adalah salah satu penemuan terbaiknya dan di sini dia mengedepankan yang terbaik untuk mengukur kepadatan mineral secara tepat.

Dia dikatakan telah mendeskripsikan sekitar 100 mineral yang diketahui, varietasnya dan keberadaan batuannya, serta karakteristik seperti warna, kekerasan, produksi, dan biaya.

“Referensi penting tentang batu mulia ini dikutip oleh banyak ilmuwan kemudian. Ini adalah teks otentik ketiga yang diketahui tentang mineralogi dan ketepatan yang sama dalam pengukuran massa jenis tidak dicapai di Eropa sampai abad ke-18, ”tulis James Sandusky Aber, seorang Profesor Geologi, dalam karyanya tentang Sejarah Geologi.

Di tempat lain dalam antropologi, ia mempelajari komunitas India pada abadnya, sehingga menjadi bapak Indologi. Prestasinya yang luar biasa dalam mempelajari sejarah, filsafat, kedokteran India membuatnya mendapatkan gelar “antropolog pertama.”

Menurut banyak sejarawan, pencapaian antusias dunia terhadap antropologi modern tidak mungkin datang dengan mudah tanpa jejak perintis Al-Biruni.

Singkatnya, karya Al-Biruni berjumlah 146 buku. Ini termasuk 35 buku tentang astronomi, 4 tentang astrolab, 23 tentang astrologi, 5 tentang kronologi, 2 tentang pengukuran waktu, 9 tentang geografi, 10 tentang geodesi dan teori pemetaan, 15 tentang matematika, 2 tentang mekanika, 2 tentang kedokteran dan farmakologi, 1 tentang meteorologi, 2 tentang mineralogi dan permata, 4 tentang sejarah, 2 tentang India, 3 tentang agama dan filsafat, 16 karya sastra, 2 buku tentang sihir, dan 9 buku yang tidak diklasifikasikan.

Menurut para ilmuwan, di antara semua karya ini, hanya 22 yang bertahan, dan hanya 13 karya yang telah diterbitkan.

Referensi:

Sumber: aboutislam

Exit mobile version