Site icon TAJDID.ID

Tiga Dosen PTB FT Unimed Laksanakan Abdimas Pelatihan Pembelajaran Daring Berbasis Virtual-Class di MTsN Binjai

TAJDID.ID || Sebagai wujud Tridarma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) secara mandiri, tiga dosen Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan (PTB FT Unimed) melaksanakan Kegiatan Pelatihan Pembelajaran daring berbasis Virtual Class bagi Guru yang dilaksanakan di Sekolah MTs Negeri Binjai,Rabu (02/12/20).

Kegiatan ini berlangsung di Sekolah MTs Negeri Kota Binjai dan diikuti oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, humas dan 24 guru.

Ketua Pelaksana Abdimas,Sarra Rahmadani, S.T., M. Eng menjelaskan bahwa di era pandemik Covid 19 ini adalah proses pembelajaran siswa maupun mahasiswa yang dilakukan dari rumah dengan konsep Belajar Dari Rumah (BDR) secara daring.

BDR merupakan masalah baru di dunia pendidikan, sebab belajar dari rumah seperti ini belum pernah dilakukan dalam jangka panjang, apalagi bagi siswasiswi sekolah tingkat SD, SMP/ MTSN dan SMA/SMK.

Kepala sekolah MTS Negeri Binjai, Nikmatussakdiah, S.Pd.,MM yang dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Dosen Fakultas Teknik Unimed terhadap kegiatan tersebut, karena guru-guru MTSN Binjai perlu sekali pelatihan untuk pengelolaan kelas daring demi membentuk virtual class yang efektif.

Kegiatan Abdimas ini didukung oleh LPPM Unimed, yang diharapkan menghasilkan manfaat bagi guru-guru agar bisa belajar pembelajaran daring sehingga siswa-siswa dapat memperoleh pembelajaran yang baik dan mampu meningkatkan minat serta kekampuan siswa siswi meskipun harus belajar dari rumah.

Sarra juga menambahkan bahwa banyak guru-guru Sekolah MTS Negeri Binjai ini mengalami kesulitan melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring. Dari kurang melek teknologi dalam menggunakan laptop maupun smartphone. Bentuk kegiatan Abdimas adalah Pelatihan bagi guru dalam pembelajaran berbasis Virtual Class yang langsung di sekolah tersebut dengan mematuhi protokol kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Dosen PTB FT UNIMED, Suhairiani, ST, MT, Enny Keristiana Sinaga, S.Pd, M.Si dan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, humas serta 24 guru.

Sementara itu, Kepala Sekolah, Nikmatussakdiah, S.Pd.,MM, menyambut baik dan antusias kegiatan yang dilakukan oleh dosen PTB FT UNIMED.

“Terimakasih pada tim dosen PTB FT UNIMED yang telah bersedia hadirdi sekolah kami. Mudah-mudah kegiatan ini bermanfaat bagi kami, khususnya dalam menghadapi era Pandemi Covid 19,” ujarnya. (*)

 

Exit mobile version