Site icon TAJDID.ID

Pemerintah China Hapus Game Virus ‘Plague Inc’

Tangkapan layar game virus Plague Inc.

TAJDID.ID-Medan || Di tengah upaya berujang melawan evidemi virus corona atau COVID-19 yang melanda negaranya beberapa bulan terakhir ini, pemerintah China  memutuskan untuk menghapus “Plague Inc”, sebuah game populer yang memungkinkan gamers-nya membuat virus dan menyebarkannya ke seluruh dunia

Bahkan oleh pihak otoritas yang menangani dunia maya di China di Plague Inc

“Pihak otoritas pengawas dunia maya pemerintah China telah mengkategorikan Plague Inc sebagai konten ilegal. Akibatnya game ini tidak bisa diunduh lagi dari App Store Apple oleh pengguna yang berbasis di China,” jelas pihak Ndemic Creations, studio pembuat Plague Inc yang bermarkas di Inggris.

Meskipun begitu, pihak Ndemic Creations tidak tahu konten apa yang dianggap ilegal terkandung dalam Plague Inc

“Kami tidak mengerti apakah penghapusan game ini terkait dengan wabah Coronavirus yang dihadapi Tiongkok. Pada hal Plague Inc adalah game edukasi yang sudah mendapatkan dukungan badan CDC Amerika Serikat dan bekerja sama dengan organisasi kesehatan dunia terkait dukungan mengatasi wabah ini,” jelas mereka.

Cyberspace Administration of China merupakan badan pemerintah Tiongkok yang bertanggung jawab atas pengawasan dan sensor informasi yang beredar di jagat internet dan layanan digital di negara tersebut.

“Kami sedang mencari cara dan berusaha agar game ini bisa kembali ke genggaman gamer di Tiongkok. Kami tengah mencoba berkomunikasi dengan Cyberspace Administration of China untuk memahami keinginan mereka,” tulis Ndemic Creations.

Pada awal tahun ini dilaporkan Plague Inc. buatan studio game asal Inggris, Ndemic Creations mendadak banyak diunduh. Padahal game ini sudah dirilis di platform Android dan iOS sejak tahun 2012.

Dilaporkan bahwa game Plague Inc mendadak berada di posisi puncak platform iOS di Tiongkok menurut data firma industri game, SensorTower. Tadinya posisi game ini berada di peringkat ke-27 dalam daftar game yang paling populer.

Sesuai dengan nama game ini yang artinya wabah, di Plague Inc.pemain diajak untuk menciptakan sebuah wabah virus yang mematikan. Target kemenangan di game ini adalah apabila virus yang diciptakan pemain bisa menghabisi populasi manusia.

Di sini pemain akan diberikan tantangan. Pemain harus menciptakan kemampuan khusus dari virus tersebut. Kemampuan virus ini harus dikembangkan berdasarkan kondisi iklim atau geografis negara yang ingin dijangkiti.

Misalnya, virus tersebut bisa menular lewat udara atau dibawa unggas. Nantinya, setiap negara akan mengumumkan berita bahwa mereka sudah melakukan antisipasi. Seiring negara di dalam game melakukan pencegahan maka pemain dituntu untuk membuat virus semakin kuat. (*)

Exit mobile version