Site icon TAJDID.ID

Profil Prof Dr Bahtiar Effendy

Nama Lengkap: Prof. Dr. Bahtiar Effendy M.A

Tempat dan Tanggal Lahir: Ambarawa, Rabu, 10 Desember 1958

 

Biografi

Bahtiar Effendy adalah seorang pakar dan pengamat politik serta religi sudah menjelajah dunia internasional sejak beberapa dekade. Ia merupakan sosok intelektual muslim Indonesia yang memegang dua gelar tingkat Master untuk Kajian Asia Tenggara dan Ilmu politik.

Secara akademis, oleh banyak kalangan Bahtiar Effendy dinilai sebagai sosok cendekiawan unik yang memiliki keahlian dalam ilmu pengetahuan dan religi.

Ia sempat menempuh pendidikan tingkat menengah di Columbia, negara bagian Montana dan  juga lulusan institusi religi, Pesantren Pabelan di Jawa Tengah. Dan komposisi unik ini terus berlanjut hingga pendidikan tingkat sarjana: Effendi adalah Sarjana Ilmu Perbandingan Agama dari IAIN (sekarang UIN) Jakarta sekaligus pemegang Ph.D Ilmu Politik dari Ohio State university.

Dengan latar belakang ini, tak heran kiprah kepakaran Bachtiar Effendi juga merambah dua bidang tersebut, politik serta religi. Beberapa tahun lalu, anggota American Political Science Association sekaligus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia ini menanggapi maraknya fenomenon teror berbasis agama.

Tentang carut-marut kondisi politik-religi di Indonesia,  pengamat sekaligus penulis lebih dari 15 buku ini menyayangkan elite bangsa yang justru melupakan pengamalan dasar negara sendiri. Karenanya, sosialisasi Pancasila juga harusnya lebih tertuju pada para penyelenggara bangsa terkait banyaknya produk Undang-undang dan peraturan yang tidak sesuai dengan landasan ideologis Indonesia.

“Problem Pancasila bukan pada sosialisasi nilai-nilainya, tapi lebih karena tidak dilaksanakan oleh elite kita. Karena itu tidak heran jika pengelolaan bangsa saat ini kacau balau,” kata Bahtiar Effendy dalam suatu kesempatan.

Menurut Bahtiar, sosialisasi mengenai empat pilar kebangsaan, yakni UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, lebih tepat bila diarahkan kepada para elite dan penyelenggara negara.

Tokoh Muhammadiyah yang terakhir masih menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah ini  masih tercatat produktif menyumbang berbagai ide dan analisis kritis untuk memperbaiki kondisi perpolitikan dan keagamaan Indonesia.

Di mata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Bahtiar Effendy adalah ahli ilmu politik Islam yang analisisnya tajam dan terfokus. Buku terjemahan disertasinya tentang Islam dan Negara maupun Pengantarnya untuk buku “Olivier Roy” tentang Kegagalan Politik Islam sangat mendalam dan faktual.

Demikian pula ketika memberi masukan-masukan tentang bagaimana Muhammadiyah menghadapi situasi politik kekinian, tajam dan bijak.⁣⁣

Karena itu, saat  beliau meninggal dunia pada Kamis (21/11/2019), Haedar mengungkapkan, bahwa Muhammadiyah kehilangan sosok intelektual muslim yang mumpuni dan berintegritas keilmuan yang tinggi.

 

Riwayat Pendidikan

 

Riwayat Karir


Artikel ini diramu dari pelbagai sumber.

Exit mobile version