Site icon TAJDID.ID

KOKAM Terdepan untuk Kemanusian Demi Indonesia yang Berkemajuan

Zainuddin, Komandan Nasional KOKAM Pemuda Muhammadiyah.

TAJDID.ID-Medan || Memperingati Milad Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) Pemuda Muhammadiyah ke-54,  Komandan Nasional KOKAM Zainuddin SH MH mengingatkan kembali kepada segenap anggota KOKAM di seluruh Indonesia untuk senantiasa memahami jatidiri, fungsi dan tanggungjawabnya sebagai eksponen Pemuda Muhammadiyah di garda terdepan dalam membela marwah persyarikatan, serta menjaga kepentingan ummat dan bangsa.

Terlebih dalam menyikapi perkembangan kebangsaan belakangan ini, Zainudin menginstruksikan seluruh anggota KOKAM harus bisa bersikap bijak, mengedepankan cara-cara cerdas, menjaga soliditas serta pro-aktif membangun komunikasi maupun koodinasi dengan semua pihak.

“Sesuai dengan visinya,  KOKAM harus istiqomah menjadi lembaga yang handal dan tersistemik dalam mencandra, merumuskan dan melaksanakan upaya-upaya penyelesaian masalah-masalah sosial kemanusian, termasuk sekarang lagi melanda bangsa kita. Mari sama-sama kita tunjukkan, bahwa bahwa KOKAM adalah angkatan yang berkemajuan, ” ujar Zainuddin kepada TAJDID.ID, Selasa (1/10/2019).

Kemudian, lanjut Zainuddin, dalam situasi kondisi apapun dan dimanapun, saat tugas memanggil, setiap anggota KOKAM harus senantiasa ikhlas dan penuh sukacita dalam melaksanakan tugas-tugas sosial kemanusian yang diembannya.

“Misi utama kita (KOKAM-red) adalah melakukan tindakan pelayanan, pembimbingan dan pembinaan individu dan masyarakat untuk keluar dari masalah yang melingkupinya,” sebut Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) ini.

Dan dalam melaksanakan tugas pengabdian, kata Zainuddin, ada beberapa landasan yang perlu diingat dan dijadikan rujukan bagi setiap anggota KOKAM.

Pertama, selalu bersikap tulus ikhlas meringankan dan memudahkan langkahnya dalam memenuhi panggilan tugas.

Kedua, senantiasa rendah hati dan selalu bergembira dalam menjalankan tugas.

Ketiga, setia dalam mengaktualkan perannya untuk melayani dan menyelesaikan masalah-masalah kemanusian.

Keempat, Senantiasa menjujung tinggi prinsip kemanusian universal yakni kerjasama kemanusian kehormatan manusia ,toleransi, kemerdekaan jiwa yang baik, keadilan , perlakuan sama, memenuhi janji ,kasihsayang  dan pencegahan kerusakan.

Kelima,  memegang prinsip netralitas dan fleksibilitas dalam melaksanakan tugas pelayann dan pengabdian,” jelasnya.

“Selamat Milad yang ke-54, KOKAM terdepan untuk kemanusian, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” pungkasnya.  (*)


Liputan: Mursih

Exit mobile version